Sukses

Polri Seleksi Polda untuk Pelatihan Binmas di Jepang

Alumni Sakura yang sudah mencapai 1.000 orang bakal bertambah lagi.

Liputan6.com, Jakarta Alumni Sakura yang sudah mencapai 1.000 orang bakal bertambah lagi. Polri kembali memperpanjangan kerjasama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA).

Kerja sama polisi dengan Jepang itu dalam upaya peningkatan dan saling isi dalam mengembangkan pelayanan dan mendekatkan polisi dengan masyarakat.

Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Putut Bayu Seno bersama dengan perwakilan JICA siang tadi menggelar babak final lomba Perpolisian Masyarakat atau Polmas di Baharkam Polri.

Tujuannya mencari Polda mana yang kreatif, inovatif dan mampu melebur dengan masyarakat dengan program-program mereka. Polda Metro Jaya, Polda Jateng, Polda Bali, Polda Sulawesi Utara dan Polda Sulawesi Tengah masuk final bersaing di ajang itu.

Putut mengatakan perlombaan ini sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu. Bagi juara satu nantinya akan dikirim ke Jepang untuk pelatihan Binmas.

"Pucuk pimpinan Polri yang lalu maupun sekarang menaruh perhatian besar khususnya fungsi Binmas untuk peningkatan citra Polri melalui kegiatan yang simpatik, humanis dan soft power," jelas Putut di Mabes Polri, Rabu (11/1/2017).

Putut, mengatakan, Binmas adalah wajah terdepan dari kepolisian. Wajar jika Kapolri Jenderal Tito Karnavian menaruh perhatian serius. Terlebih, kata Putut,  Bhabinkamtibmas Polres Cimahi jadi sorotan.

"Kapolri sampaikan penghargaan pada Polres Cimahi atas kegiatan Bhabinkamtibas di polres itu. Dan terakhir beliau sampaikan, apabila ada hal humanis yang dilakukan, sekalipun nanti bhabin itu berada di satu kelurahan, polsek, beliau akan datangi dan beri penghargaan langsung," terang dia.

Untuk keberlangsungan kerja sama ini, Wakapolri Komjen Syafruddin pun sudah ke Jepang untuk menyepakati kerja sama antara Polri dan kepolisian Jepang hingga 2022 nanti.

Putut berharap anggota yang ikut pendidikan itu bisa menjadi instruktur di Polda dan Polres masing-masing sekembalinya. Sehingga, nantinya Bhabinkamtibmas yang belum sempat ikut pelatihan bisa mendapat ilmu dari para instruktur yang mendapat pendidikan itu.

Dalam acara yang digelar sejak pagu itu, secara bergantian perwakilan dari masing-masing Polda memaparkan program-progam kreatif mereka dalam mendekatkan diri dengan masyarakat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini