Sukses

Gerindra Usung Prabowo di Pilpres 2019, Bagaimana dengan PDIP?

Partai Gerindra kembali mencalonkan ketua umumnya Prabowo Subianto bertarung dalam Pilpres 2019. Lantas apakah Jokowi kembali diusung PDIP?

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto akan kembali disokong menjadi calon presiden dalam ajang Pilpres 2019. Hal itu disebut lantaran sebagai bagian dari perjuangan Partai Gerindra.

"Saya kira Gerindra perlu mencalonkan kembali, mayoritas ingin mencalonkan Pak Prabowo di 2019. Saya kira itu perlu sebagai bagian dari perjuangan Gerindra ke depan, yakni mencalonkan beliau menjadi presiden," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin 9 Januari 2017.

Lantas bagaimana dengan PDIP, apakah akan mencalonkan kembali Joko Widodo atau Jokowi?

"PDIP sebagai partai politik yang memegang teguh terhadap keputusan di Kongres. Namun, belum ada keputusan Kongres soal calon Presiden secara final," ucap Wakil Sekjen PDI Perjuangan Achmad Basarah di Jakarta, Selasa (10/1/2017).

Menurut dia, penentuan nama akan ditentukan dalam sebuah mekanisme sesuai kepartainnya.

"Itu akan ditentukan mekanisme organisasi apakah rakernas atau situasi yang dianggap relevan," jelas Basarah.

Saat ditegaskan, apakah nama Jokowi akan kembali dimajukan dalam Pilpres 2019? Lagi-lagi dia hanya mengatakan, partainya hingga sekarang belum menentukan.

"Hari ini PDIP fokus masih memberikan kesempatan agar Jokowi-JK menjalankan janji politiknya hingga masa jabatannya abis," ujar Basarah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini