Sukses

Saat Menkeu Sri Mulyani Senang Ikut Istana Berkebaya, Pakai Kebaya Encim dan Tas Barbie Pink Buatan Lokal

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati nampak menggunakan kebaya putih bunga dan kain motif ondel-ondel saat acara Istana Berkebaya pada Minggu sore 6 Agustus 2023 di Kompleks Istana Merdeka Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Acara Istana Berkebaya digelar pada Minggu sore 6 Agustus 2023 di Kompleks Istana Merdeka Jakarta. Acara Istana Berkebaya tersebut merupakan persembahan dari Pemerintah Provinsi atau Pemprov DKI Jakarta untuk Indonesia sebagai rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Jokowi menghadiri langsung acara Istana Berkebaya. Termasuk para menteri kabinet Indonesia Maju bersama pasangannya masing-masing.

Salah satunya yang hadir adalah Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. Menkeu Sri Mulyani nampak menggunakan kebaya putih bunga dan kain motif ondel-ondel.

"Menjadi Peragawati dadakan dengan baju Kebaya Betawi Encim.

Dalam Istana Berkebaya sore ini.

Sore yang indah dengan warna-warni kebaya, berbagai rupa.

What a lovely evening..in Jakarta.

Istana Merdeka, 6 Agustus 2023," tulis Menkeu Sri Mulyani dalam unggahan foto di akun sosial media Instagram miliknya @smindrawati pada Senin (7/8/2023).

Kemudian untuk mempermanis tampilannya, ia menenteng tas berwarna pink. Rupanya, Menkeu Sri Mulyani tak ketinggalan demam 'Barbie' dengan mengenakan tas rotan berwarna pink.

Diketahui, Menkeu Sri Mulyani mengenakan koleksi Barbie Bag dari merek lokal asal Indonesia yaitu Long Story Short. Dikutip dari akun Instagram @longstoryshort.shop, tas tersebut dirilis pertama kali pada 12 Juni 2023 lalu dalam dua ukuran berbeda.

Terdapat The Barbie Bag ukuran dengan dimensi 21x13x8 cm yang dibandrol dengan harga Rp799.000. Lalu ada versi micro dengan dimensi 17x9x10 cm yang lebih kecil dan murah, dengan harga Rp650.000.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menkeu Sri Mulyani Beli Sendiri Tas Lokal

The Barbie Bag dari Long Story Short terbuat dari material kulit yang menjadi bahan penutup, gagang tas, dan tali panjang.

Dikombinasikan dengan rotan yang dianyam dengan tangan sehingga menghasilkan detail yang unik pada body bag-nya. Hasilnya adalah tas lokal yang manis, kokoh sekaligus unik, sehingga mampu mencuri perhatian banyak orang.

Dalam unggahan Instagram miliknya, founder Long Story Short Gabriela Gunawan mengatakan tas rotan pink itu bukan endorsement melainkan diberi sendiri oleh Sri Mulyani.

"Menteri Keuangan Sri Mulyani membeli tasnya di Karya Kreatif Indonesia 2023, yaitu pameran UMKM lokal yang digelar Bank Indonesia beberapa hari lalu," tulis Gabriela Gunawan.

Dalam akun Instagram Long Story Short juga diunggah saat Menkeu Sri Mulyani membeli tasnya.

"Feeling incredibly proud and so honored! 🌟 When the brilliant Bu Sri Mulyani, Indonesia's Finance Minister, personally purchased our bags as a symbol of excellence! 🇮🇩💼

*We are still deeply in awe moment, and can't believe this happened! Thank you so much bu Sri Mulyani for your trust.

#AchievementUnlocked #Honored #IndonesianPride,

(Terasa sangat bangga dan terhormat saat Bu Sri Mulyani yang hebat, Menteri Keuangan Indonesia, secara personal membeli sendiri tas sebagai tanda yang bagus. Kami masih tidak percaya ini terjadi. Terima kasih bu Sri Mulyani untuk kepercayaannya)," tulisnya beberapa waktu lalu.

 

3 dari 4 halaman

Cerita Menlu Retno Jadi Model pada Acara Istana Berkebaya

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengaku sangat senang bisa menjadi model pada acara Istana Berkebaya di depan Istana Merdeka, Jakarta, Minggu petang 6 Agustus 2023.

"Hari ini senang banget karena untuk pertama kalinya saya jadi model, biasanya lari sehari 11 km, hari ini berjalan di atas catwalk 200 meter," kata Menlu Retno Marsudi usai mengikuti acara Istana Berkebaya.

Menlu Retno mengaku mengalami kesulitan untuk bisa berjalan pelan di atas panggung peragaan Istana Berkebaya karena terbiasa lari.

"Makanya, karena biasa lari, jalannya akhirnya sering kebablasan, orang yang belakang masih jauh, balik lagi akhirnya. Akan tetapi, it’s fun, menyenangkan," ujar Retno seperti dilansir dari Antara.

Menlu menyampaikan pesan dari Istana Berkebaya adalah mengenai masalah kebaya sebagai warisan budaya Indonesia.

Walaupun temanya adalah tema Jakarta, Betawi, menurut dia, dari segi warna-warnanya sangat apik, sangat berbagai macam warna yang menjadikan dunia menjadi lebih Indah.

"Jadi, mari kita lestarikan kebaya dan kita pakai kebaya sebanyak mungkin, ya, dalam okasi (occasion/kesempatan) di mana pun saya kira kita bisa pakai kebaya," ajak Menlu.

Pada kesempatan itu Retno tampak mengenakan atasan kebaya putih dengan kain bawahan berwarna merah. Kebaya Retno dilengkapi payet-payet bergambar penari topeng dan bunga-bunga bernuansa merah, pink, oranye, hingga hijau.

 

4 dari 4 halaman

Menlu: Istri Para Dubes Nyaman Pakai Kebaya

Retno mengatakan, kebaya itu diberikan panitia acara dan sudah selesai dijahit sejak Jumat 4 Agustus 2023. Persiapan mengenakan kebaya itu hanya 15 menit.

"Waduh aku cepat semua, 15 menit, syut langsung. Sudah dijahit, hari Jumat kebayanya sudah jadi. Kita pas, ternyata sudah pas, langsung dipakai. Ini dikasih panitia. Tapi cantik ya, (tadi juga) pakai payung," kata Retno.

Ia melanjutkan, "Cuma tantangannya adalah bagaimana bisa berjalan pelan, nah itu tantangan, buat saya tantangan karena biasa lari."

Selain menteri perempuan Kabinet Indonesia Maju, turut hadir memakai kebaya dalam acara tersebut, antara lain, duta besar wanita dan istri duta besar negara sahabat.

Menurut Retno, para dubes dan istri dubes sangat senang mendapatkan pengalaman baru memakai kebaya.

"Jadi, tadi sebelum keluar, saya sempat bertemu dengan mereka (dubes dan istri dubes). Ini adalah pengalaman menarik sekali bagi mereka terutama ibu-ibunya, baik dubesnya maupun istri dubes yang memakai kebaya. Mereka menyampaikan nyaman dan senang sekali mendapatkan pengalaman yang baru buat mereka memakai kebaya Indonesia," kata Retno.

Acara Istana Berkebaya merupakan bagian dari rangkaian Bulan Kemerdekaan dalam rangka HUT Ke-78 RI. Presiden Joko Widodo beserta Istri Iriana Joko Widodo serta Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta istri Wury Ma'ruf Amin juga hadir dalam acara itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.