Sukses

Pemprov DKI Targetkan Busway Koridor 13 Rampung Bulan Depan

Busway ruas Ciledug-Kapten Tendean tersebut akan diuji coba terlebih dahulu setelah pengerjaannya rampung.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan pengerjaan jalur khusus Transjakarta koridor 13 selesai Februari 2017. Busway ruas Ciledug-Kapten Tendean tersebut akan diuji coba terlebih dahulu setelah pengerjaannya rampung.

"Dengan waktu yang enggak lama sudah beroperasi, kita targetkan akhir Januari hingga awal Februari sudah selesai untuk pengerjaan atas serta akan kita bereskan pengerjaan di bawah juga," ujar Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Yusmada Faisal, di Jakarta Pusat, Senin (9/1/17).

Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono mengatakan uji coba tersebut merupakan kesempatan untuk memastikan segala hal telah sesuai dengan standar.

"Jadi untuk memberikan pelayanan perjalanan selama 30 menit dari Ciledug hingga Tendean, kita akan menyiapkan perlengkapan safety jalanan, rambu-rambu, kesiapan driver. Apalagi bawa mobil tempat tinggi berbeda dengan yang di bawah," Budi menjelaskan.

Menurut dia, PT Transjakarta akan menyiapkan sebanyak 100 bus dalam masa uji coba koridor 13.

"Tahun ini kita dapat menyediakan total 1.500 bus. Untuk pengoperasian nanti bus baru atau lama itu hanya teknikal saja yang terpenting kita enggak pesan yang ukuran 18 meter. Sudah kita sesuaikan dengan medannya, bahkan bulan ini akan ada kedatangan 100 bus," ucap Budi.

Dia memperkiraan Transjakarta pada koridor 13 ini dapat menampung hingga 40 ribu penumpang setiap hari.

"Untuk waktu 30 menit perjalanan dari halte Tugas, Pulogadung hingga Sudirman. Setiap hari minimal 3 ribu orang. Apalagi untuk jalur yang lebih jauh, sehari pagi dapat 20 ribu dan sore juga 20 ribu bahkan bisa bertambah," tutur dia.

"Semoga pada 22 Juni nanti saat kita merayakan ulang tahun Jakarta sudah dapat Transjakarta di koridor 13 ini sudah berjalan," lanjut Budi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.