Sukses

Jokowi Minta Anak-Anak dan Ibu Hamil Konsumsi Ikan

Menurut Jokowi, nutrisi untuk anak-anak harus disiapkan sejak dini.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo memberikan makanan tambahan kepada ibu hamil, balita, dan anak-anak di Kampung Nelayan, Batang, Jawa Tengah. Jokowi ingin makanan tambahan berupa biskuit ini juga didukung dengan makanan lainnya seperti ikan.

Menurut Jokowi, nutrisi untuk anak-anak harus disiapkan sejak dini. Sebab, era kompetisi mereka bukan saat ini tapi 10 tahun mendatang. Oleh karena itu, asupan gizi yang baik harus terus diberikan sejak dalam kandungan.

"Anak-anak kita harus sehat, anak-anak kita harus cerdas, anak-anak kita harus pandai, anak-anak kita harus pintar, tidak ada kecuali di manapun. Oleh sebab itu harus disiapkan dari sekarang yang di dalam kandungan," kata Jokowi di Batang, Jawa Tengah, Senin (9/1/2017).

Selain biskuit yang diberikan, para orangtua harus memberikan asupan gizi lain. Misalnya protein seperti tahu, telur dan ikan juga sebaiknya diberikan kepada anak anak.

"Di sini kan dekat dengan nelayan, dekat dengan laut. Ikan itu harus sering diberikan kepada anak-anak kita maupun ibu-ibu hamil," imbuh Jokowi.

Meski begitu, para ibu juga harus rutin memeriksakan anak ke puskesmas terdekat. Jangan sampai ibu hamil dan anak-anak mengalami kelebihan berat badan.

"Harus tetap ditimbang di Posyandu dan Puskesmas, kalau berat badan sudah normal dan baik jangan ditambah," ucap Jokowi.

"Untuk 10 tahun, untuk 20 tahun dan 30 tahun yang akan datang, supaya anak-anak kita gizinya cukup. Juga nanti kalau lahir tidak pendek, tidak kurus. Anak kita nanti normal, pintar, cerdas, pandai dan bisa bersaing nanti dengan sumber daya manusia dari negara yang lain," pungkas Jokowi.

Turut mendampingi Jokowi dalam kunjungan itu adalah Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.