Sukses

KPU Pastikan 147 Disabilitas Masuk DPT Sarolangun

Liputan6.com, Jambi - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi memastikan ada 147 penyandang disabilitas di daerah itu masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada tahun ini.

Kabupaten Sarolangun adalah satu dari tiga kabupaten di Provinsi Jambi yang bakal menggelar Pilkada serentak 2017. Dua daerah lain adalah Kabupaten Tebo dan Muarojambi.

Menurut Komisioner KPU Sarolangun, M Fahri, ratusan penyandang disabilitas itu tersebar hampir di seluruh kecamatan. Terdiri dari 47 tuna daksa, 28 tuna netra, 32 tuna rungu, 20 tuna grahita dan beberapa penyandang disabilitas lainnya.

"Dan kami jamin, mereka (penyandang disabilitas) akan dilayani sebaik mungkin di TPS," ujar Fahri saat dihubungi di Sarolangun, Senin (9/1/2017).

Fahri menjelaskan, para penyandang disabilitas juga memiliki hak yang sama dalam demokrasi. Sehingga, negara wajib memberikan ruang yang sama bagi seluruh warganya.

Sebelumya, KPU Sarolangun juga merilis ada 429 Orang Rimba Jambi atau Suku Anak Dalam (SAD) masuk dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada setempat. Proses Verifikasi khusus warga SAD ini sudah dilakukan sejak November 2016.

Lokasi komunitas SAD yang jauh di dalam hutan serta pola hidup berpindah-pindah, menyebabkan proses ferivikasi cukup memakan waktu.

Berdasarkan data dari KPU Kabupaten Sarolangun, ratusan Orang Rimba yang masuk DPS itu menyebar di beberapa desa. Di antaranya ada di Desa Bukit Suban sebanyak 198 orang. Tersebar di tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS). Kemudian di Desa Pematang Kabau sebanyak 55 orang, Desa Lubuk Bedorong 37 orang dan Desa Sekamis terdapat 39 orang.

Artikel Selanjutnya
Sarang Para Milisi Filipina Selatan
Artikel Selanjutnya
Ada 'Pocong' dan 'Kuntilanak' di Perayaan Ultah ke-51 Ahok