Sukses

Anies: Tak Usah Buat Hoax, yang Nyata-nyata Saja

Menurut Anies, dia salah satu orang yang sering dilanda berita hoax.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sepakat adanya deklarasi anti berita hoax. Menurut Anies, dia salah satu orang yang sering dilanda berita bohong.

"Setuju. Sebagai orang yang sering ditulis kabar bohongnya. Antisipasi sudah ada dari tim kami," ujar Anies usai acara Maulid Nabi Muhammad SAWdi DPP PKS Jalan TB Simatupang Nomot 82, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu 8 Januari 2017.

Anies menegaskan, dari pihaknya pun tidak berniat atau berencana membuat berita bohong.

"Dari awal kami sudah bilang, kami tidak berencana dan tidak membuat segala macam hoax. Yang nyata-nyata aja," kata Anies.

Sejumlah masyarakat dan pegiat media sosial mendeklarasikan Masyarakat Indonesia Anti-Hoax saat car free day di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Aksi simpatik ini mengajak seluruh masyarakat agar peduli serta memerangi penyebaran berita bohong atau hoax yang marak di media sosial.

"Deklarasi ini merupakan langkah awal kepada masyarakat, kita mengingatkan yuk kita gunakan Facebook dengan cerdas, kita gunakan jempol dengan hati-hati," ucap ucap Ketua Masyarakat Indonesia Anti-Hoax Septiaji Eko Nugroho, Minggu.

Pemerintah mengajak masyarakat dan komunitas untuk mengatasi berita hoax. Persoalan ini dianggap penting mengingat banyak informasi tak valid yang bersileweran di media sosial.

"Peran serta masyarakat begitu penting dan pemerintah akan mengajak masyarakat atas berita hoax," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara saat sosialisasi bersama Masyarakat Indonesia Anti-Hoax di Hari Bebas Kendaraan Bermotor di kawasan Sudirman, Jakarta.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini