Sukses

Mendikbud: Akhir Januari, 80.000 Komputer Akan Dibagikan untuk UN

Ujian nasional akan berlangsung pada pertengahan April 2017.

Liputan6.com, Medan - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) segera membagikan sekira 80.000 komputer ke sekolah di berbagai daerah untuk mendukung pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

"Paling lambat ditargetkan akhir Januari 2016 komputer itu sudah dibagikan," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy di Medan, Sumatera Utara, Sabtu 7 Januari 2016 seperti dilansir dari Antara.

Muhadjir mengatakan, Kemendikbud meminta agar pihak sekolah negeri di daerah bersiap menjalankan UNBK tahun ini. Kemendikbud menargetkan pelaksanaan UNBK untuk SMA dan SMK mencapai 80 persen, serta SMP hingga 40 persen.

Ujian nasional akan berlangsung pada pertengahan April 2017.

Sebelumnya, Mendikbud mengemukakan, agar target UNBK dapat terlaksana, maka pihaknya akan mengeluarkan kebijakan kegiatan ujian tidak akan serentak dilaksanakan pada hari yang sama, sehingga siswa yang sekolahnya tidak memiliki komputer dapat mengikuti ujian di sekolah lain di rayon terdekat.

Muhadjir menambahkan bahwa pelaksanaan UNBK untuk efisensi waktu dan memperkecil kecurangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.