Sukses

Wiranto: Kabar Puluhan Juta TKA Ilegal Asal Tiongkok Itu Hoax

Dia menuturkan, pihaknya terus memonitor siapa yang datang dengan kemampuan dan menggunakan dalih turis lalu kemudian kerja.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengumpulkan sejumlah menteri dan kepala lembaga dalam rapat terbatas.

Dalam kesempatan itu, Wiranto menekankan pembahasan hari ini membahas isu tenaga kerja asing (TKA), khususnya dari Tiongkok. Sebab, beredar kabar bahwa TKA asal Tiongkok yang bekerja di Indonesia secara ilegal jumlahnya sudah jutaan.

"Hari ini kami khusus membicangkan isu tentang TKA yang datang dari Tiongkok. Jadi intinya harus dibedakan antara isu atau hoax dengan realitas. Ternyata setelah kita kumpulkan para menteri, kita pastikan ketakutan itu tidak benar. Yang seperti diperbincangkan kan puluhan juta, tapi tidak seperti itu," ucap Wiranto di kantornya, Jakarta, Jumat (6/1/2017).

Dia menuturkan, pihaknya terus memonitor siapa yang datang dengan kemampuan dan menggunakan dalih turis lalu kemudian kerja.

"Itu sudah ditangkap dan sebagainya (yang pura-pura jadi turis)," tegas Wiranto.

Meski demikian, pihaknya masih terus mengawasi kedatangan warga asing ke Indonesia agar tidak terjadi seperti yang diisukan selama ini.

"Tapi tetap kita sadari, kita harus terus melakukan satu peningkatan terhadap pengawasan," pungkas Wiranto.

Hadir dalam rapat terbatas tersebut, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri  Perhubungan Budi Karya, Wakil Kepala Polri, dan Kepala Badan Koordinasi  Penanaman Modal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini