by

Warga Rokan Hilir Tangkap Buaya Buas

  • Daerah
  • 0
  • 05 Jun 2010 14:09
Liputan6.com, Rokan Hilir: Warga Kepenghuluan Harapan Jaya, Kecamatan Rimba Melintang, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau,   menangkap seekor buaya jenis "tomistoma schlegelii" (buaya ikan) dengan panjang 5,5 meter. Berdasarkan informasi yang dihimpun dari penduduk setempat, Sabtu (5/6), buaya yang ditangkap di Perairan Sungai Pedamaran, Kecamatan Rimba Melintang, kemarin, diduga telah memangsa seorang anak berusia 17 tahun yang dikabarkan hilang sejak beberapa pekan sebelumnya.

Kepala Kepolisian Resor Rohil, Ajun Komisaris Besar Polisi Bambang Sudarmaji ketika dimintai konfirmasi membenarkan bahwa warga setempat berhasil menangkap buaya. Hewan tersebut ditangkap mengunakan dua buah pancing dan jala di perairan Sungai Pedamaran. "Namun sangat disayangkan, di tengah perjalan buaya itu mati," katanya.

Warga, kata Kapolres Bambang Sudarmaji, lantas membedah isi perut makhluk buas tersebut dan menemukan tulang belulang yang mirif dengan tulang manusia. Namun pihaknya belum dapat memastikan temuan itu apakah tulang manusia atau binatang karena harus memalui pemeriksaan dari tim kedokteran setempat.

"Untuk memastikannya, buaya tersebut dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Riau dan dilakukan pemeriksaan terhadap tulang-tulang yang berada di dalam perutnya," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Rohil, Tugiman Marto, menjelaskan, penangkapan dan pembedahan terhadap buaya tersebut sebelumnya sudah dilaporkan kepada pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) setempat. "Buaya itu merupakan hewan langka yang masuk dalam daftar perlindungan negara," kata Marto.(IAN/Ant)


Comments
Sign in to post a comment