Sukses

Hasan Tiro Dimakamkan di Meureu

Jenazah Tengku Hasan Muhammad Di Tiro, deklarator Gerakan Aceh Merdeka (GAM), akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Desa Meureu, Kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar.

Liputan6.com, Banda Aceh: Jenazah Tengku Hasan Muhammad Di Tiro, deklarator Gerakan Aceh Merdeka (GAM), akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Desa Meureu, Kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar.

Mantan Perunding GAM Teku Kamaruzaman, kepada reporter SCTV Muchtarudin Yakub mengatakan. dari hasil musyawarah antara keluarga dan mantan petinggi GAM, maka disepakati almarhum dikebumikan di Desa Meure. Desa Meureu berjarak sekitar 20 Km arah timur Banda Aceh, di kawasan ini juga terdapat makam pahlawan nasional Tgk Cik Di Tiro, yang juga kakek almarhum Tengku Hasan Muhammad Di Tiro.

Jenazah GAM ini telah deberangkatkan dari Rumah Sakit Zainoel Abidin ke rumah dinas ketua DPRD provins NAD untuk semayamkan. Rencananya Petang nanti akan  disholatkan di Mesjid Raya Baiturrahman di banda Aceh. Belum ada kepastian kapan jenazah mantan Petinggi GAM ini di makamkan, kareana pihak GAM dan keluarga tengah merundingkannya.

Hasan Tiro menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh pukul 12:15 WIB, karena menderita infeksi paru-paru dan jantung. Hasan Tiro mendapat perawatan intensif dengan pernafasan bantuan sejak 12 hari di rumah sakit milik Pemerintah Aceh tersebut. Lelaki kelahiran Pidie, Provinsi Aceh, 25 September 1925 ini sempat mengasingkan diri di Stockholm, Swedia sejak 1976. Ia kembali ke Aceh setelah penandatanganan kesepakatan damai RI-GAM di Helsinki, Finlandia, 15 Agustus 2005.

TengkuHasan Tiro sempat pulang pada Oktober 2008. Namun, sejak akhir Oktober 2009, tinggal di rumah kontrakan di kawasan Lamteumen Timur, Kecamatan Jaya Baru, Kota Banda Aceh. (ARI)

 



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini