Sukses

Mesir dan Israel Kurangi Blokade Gaza

Mesir dan Israel akhirnya mulai melunak atas blokade Jalur Gaza. Mesir telah membuka perbatasan dengan Gaza, sedangkan Israel tengah berdialog dengan komunitas internasional untuk membuka blokade Jalur Gaza.

Liputan6.com, Yerusalem: Israel dan Mesir akhirnya memberi isyarat mengurangi blokade Jalur Gaza. Pelonggaran ini dilakukan karena kecaman keras internasional terhadap serangan berdarah Israel pada Senin lalu.

Pemerintah Mesir mengatakan, perbatasan dengan Gaza dibuka untuk pertama kalinya--setelah lebih dari setahun ditutup--agar kiriman bantuan kemanusiaan dapat tersalurkan. Di lain pihak, seorang pejabat Israel mengatakan, dialog dengan komunitas internasional kini tengah berlangsung, terkait cara mendistribusikan bantuan ke Gaza.

Sementara sekelompok aktivis dari 124 negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel, dideportasi ke Yordania, Rabu (2/6) dini hari. Demikian dikatakan para pejabat Israel. Negara tetangga Israel, Turki, mengutuk keras dan menuduh Israel melakukan pembantaian, sedangkan Dewan Keamanan PBB menuntut penyelidikan serangan Israel dengan tidak memihak.(TheJerusalemPost/AST/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini