Sukses

Hutan Maluku Rusak Parah Akibat Pembalakan

Pembalakan hutan merajalela di Pulau Seram, Maluku. Ironisnya warga dan perusahan yang melakukan penjarahan hutan ini hingga kini tidak tersentuh hukum.

Liputan6.com, Pulau Seram: Pembalakan hutan merajalela di Pulau Seram, Maluku. Akibatnya Taman Nasional Gunung Manusela yang  dilindungi negera kini terancam rusak. Ironisnya warga dan perusahan yang melakukan penjarahan hutan ini hingga kini tidak tersentuh hukum.

Pantauan SCTV, Jumat (28/5), ratusan jenis kayu olahan berbagai jenis berupa papan dan balok yang diduga hasil penebangan liar bertebaran di sepanjang jalan nasional Transpulau Seram. Selain di pinggirian jalan, banyak kayu menumpuk di sejumlah lokasi penebangan.

Lebih mengerikan lagi sepanjang pantauan tim SCTV, terlihat ribuan hutan pruduktif gundul dan rusak akibat penebangan serta pembakaran secara membabi buta. Pelakunya tak lain adalah warga setempat dan perusahan perkebuanan kelapa sawit yang ada di Pulau Seram.

Hutan yang ditebang dan dibakar ini hasilnya dijual ke luar Provinsi Maluku dan sisa limbahnya dijual untuk kayu bakar
kebutuhan hidup sebagai pengganti minyak tanah. Dinas Kehutanan Provinsi Maluku terkesan diam terhadap pelaku-pelaku perusak lingkungan ini.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini