Sukses

Thailand Bujuk Interpol untuk Pulangkan Thaksin

Pemerintah Thailand akan mendekati Interpol agar mantan Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra kembali ke Thailand untuk menghadapi dakwaan sebagai teroris.

Liputan6.com, Bangkok: Pemerintah Thailand kini memburu mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra. Untuk itu, Departemen Investigasi Khusus (DSI), Kantor Jaksa Agung, dan Departemen Luar Negeri Thailand akan bekerja sama mendekati Interpol. Terutama, bertujuan agar Interpol memberi tanda merah kepada Thaksin.

Pernyataan ini dikeluarkan Wakil Perdana Menteri Thailand Suthep Thaugsuban, menanggapi wawancara Thaksin dengan Australian Broadcasting Corporation., belum lama berselang. Dalam wawancara itu, Thaksin mengatakan, "Interpol tidak akan bertindak atas surat perintah tersebut dikarenakan bermotif politik."

Seperti negara-negara lainnya, imbuh Suthep, pemerintah Thailand akan menyediakan perlindungan kepada Thaksin, mengekstradisi dia kembali ke Thailand untuk menghadapi dakwaan. Ia juga tidak peduli pada pengacara Thaksin yang mengajukan banding ke Pengadilan Pidana, untuk mencabut surat perintah penangkapan.

"Jika Thaksin yakin tidak bersalah, ia harus kembali untuk melawan dakwaan tersebut," ujar Suthep, menegaskan [baca: Mantan PM Thaksin Digugat Sebagai Teroris].(AST/ANS/Xinhua)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.