Sukses

Korea Utara Putuskan Hubungan dengan Korea Selatan

Korea Utara akan membekukan hubungan diplomatiknya dengan Korea Selatan terkait dengan tindakan Korsel melaporkan masalah penembakan kapal Cheonan ke DK-PBB.

Liputan6.com, Pyongyang: Korea Utara menyatakan akan memutuskan semua hubungan diplomatik dengan Korea Selatan. Hal itu dilakukan oleh Korea Utara sebagai tindakan balasan kepada Korsel atas sanksi yang diberikan terkait dengan tengelamnya kapal angkatan laut Korea Selatan.

Komite Perdamaian Korea, lembaga yang bertanggung jawab atas negosiasi yang dilakukan Korea Utara dan Korea Selatan, pada Selasa (25/05) memberikan pernyataan penanggulan terhadap delapan titik penyerangan ke Korea Selatan. Komite juga menambahkan bahwa Korea Utara akan mengabaikan semua perundingan dan hubungan diplomatik dengan tetangganya, Korea Selatan.

Selain itu Korea Utara juga akan menutup semua kantor kerjasama Korea Utara-Selatan di pusat industrri, di kota perbatasan Kaesong. Langkah yang selanjutanya akan diambil oleh Korea Utara adalah mendeportasi semua warga Korea Selatan yang sedang bekerja di Korea Utara. Lebih jauh lagi, Korea Utara juga melarang kapal dan pesawat Korea Selatan melintasi perairan daerah teritori Korea Utara.

Pernyataan itu dirilis sehari setelah Korea Selatan mengungkapkan tindakan yang akan diambil terhadap Korea Utara terkait peluncuran roket yang menenggelamkan kapal Korea Selatan. Korea Selatan berencana untuk membawa masalah ini ke Dewan Keamanan PBB dan mengaktifkan kembali siaran propaganda didekat perbatasan kedua negara yang dihentikan sejak enam bulan yang lalu.(NHK/DES/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.