Sukses

Peru Diguncang Gempa 5,9 SR

Peru diguncang gempa berkekuatan 5,9 skala Ritcher. Pusat gempa berada di sekitar 82 kilometer di bagian selatan Kota Ayacucho.

Liputan6.com, Washington DC: Gempa berkekuatan 5,9 skala Richter mengguncang Peru bagian selatan, Ahad (23/5) waktu setempat. Berdasarkan keterangan Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) di Washington DC, Amerika Serikat, pusat gempa berada sekitar 82 kilometer di bagian selatan Ayacucho, Peru.

Jika dilihat dari letak ibu kota Peru, Lima, pusat gempa berjarak sekitar 356 kilometer. "Pusat gempa pada kedalaman 110 kilometer," kata pihak USGS. Namun, sejauh ini, belum ada laporan terkait kerusakan yang ditimbulkan gempa tersebut.

USGS melaporkan pula, banyak warga Lima berhamburan ke jalan-jalan lantaran takut oleh guncangan gempa. Gempa turut dirasakan di daerah Ayacucho, Apurimac, Ica dan Lima Selatan.

Tiga tahun silam, tepatnya 15 Agustus 2007, gempa berkekuatan 7,9 SR menggetarkan Peru. Gempa ini menewaskan sekitar 600 orang dan mengakibatkan banyak korban cedera di negara bagian barat Amerika Latin tersebut [baca: Gempa Mengguncang Peru, Ratusan Tewas].

Gempa terparah melanda Peru pada 1970. Saat itu gempa berkekuatan 7,9 SR mengguncang dataran tinggi di Andes, sehingga memicu tanah longsor dan mengubur Kota Yungay. Ada 66 ribu orang yang tewas di negara ketiga terbesar di Amerika Selatan itu.(ASW/ANS/Reuters)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.