Sukses

Kapal Korsel Ternyata Dihantam Torpedo Korut

Ketegangan di Semenanjung Korea, kembali memanas pascatenggelamnya kapal perang Korea Selatan pada akhir Maret lalu. Hasil penyelidikan gabungan sejumlah negara menyimpulkan kapal Korea Selatan ditenggelamkan torpedo dari kapal selam milik Korea Utara.

Liputan6.com, Seoul: Laporan penyelidik ahli dari Amerika Serikat, Australia dan Swedia menyimpulkan kapal selam Korea Utara menembakkan torpedo yang menenggelamkan kapal perang Korea Selatan, Cheonan, Maret lalu. Akibat serangan tersebut, sekitar 46 pelaut yang berada di dalam kapal tewas tenggelam.

Kesimpulan itu diperoleh setelah tim penyelidik meneliti kepingan-kepingan yang diambil dari kapal yang karam. Mereka kemudian menyesuaikan dengan jenis torpedo yang biasa diekspor oleh Korea Utara. Tim juga menyatakan beberapa kapal selam Korut meninggalkan perairan setempat, dua atau tiga hari sebelum insiden.(IDS/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini