Sukses

Aroma Masjid "Nabawi" di Banyuwangi

Untuk masuk ke jantung Kota Banyuwangi, para pendatang akan melihat Masjid Al Hadi. Inilah masjid yang arsitekturnya mirip Masjid Nabawi di Madinah.

Liputan6.com, Jakarta: Untuk mereka yang ingin melihat Masjid Nabawi yang terkenal itu, tak perlu jauh-jauh ke Arab Saudi. Bertandanglah ke Banyuwangi, Jawa Timur. Di sana, bangunan masjid besar Al Hadi mengadopsi arsitekturtur Masjid Nabawi di Madinah. Inilah masjid pertama yang sengaja dibangun untuk melaksanakan salat Safar bagi orang-orang yang datang dari luar Banyuwangi.

Kendati tak benar-benar sama, dengan arsitektur yang rada-rada mirip, Al Hadi yang terletak di Jalan Raya Basuki Rahmat, Banyuwangi, ini tetap dianggap sebagai kembaran Masjid Nabawi. Bahkan, masyarakat setempat lebih mengenal masjid yang memiliki sembilan menara setinggi 27 meter ini sebagai masjid Arab.

Al Hadi berdiri di atas tanah seluas satu hektare. Bangunannya terdiri dari dua lantai. Masjid ini dibangun pada 1967, di pinggir jalan protokol Banyuwangi. Itulah sebabnya, Al Hadi terkesan sebagai "Masjid Selamat Datang" sebelum memasuki jantung Kota Banyuwangi.(RSB/Christanto Rahardjo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.