Sukses

Lukisan Manet Dilelang Ratusan Triliun Rupiah

Lukisan Manet dinilai sebagai satu dari sederet karya potret diri yang terbaik dalam sejarah seni aliran impresionis. Diperkirakan, mahakarya Manet mampu menembus angka di atas 400-an triliun rupiah dalam pelelangan akhir Juni mendatang di Sotheby's.

Liputan6.com, London: Harga sebuah lukisan mahakarya terkadang bisa tak masuk akal awam. Maklum, nilai selangit bisa hadir bila kreasi dinilai lebih menekankan unsur seni dan sejarah. Karya Edouard Manet, misalnya.

Mahakarya potret diri mastro bertajuk With A Palette itu diperkirakan mampu menembus angka lebih dari Rp 400-an triliun. Sedianya, karya Manet bakal dilelang di Balai Lelang Sotheby's Impressionist and Modern Art di London, Inggris, menjelang akhir Juni mendatang. Menurut data Sotheby's, With A Palette adalah satu dari dua karya Manet yang bertema potret diri—satu lukisan lainnya berada di Museum Seni Bridgestone di Tokyo, Jepang.

With A Palette dibuat pada 1878, saat Bapak Impresionisme itu menggiring perubahan seni menuju seni modern. Bersama Renoir, Manet mendobrak tradisi tua dan pendidikan aliran Realisme yang mendominasi karya seni di Prancis di abad ke-19. Bagi sejumlah seniman, Manet adalah pahlawan di masa pencerahan saat dia mempertontonkan karyanya berjudul Dejeuner Sur L'Herbe (1862-3).

Berdasarkan data Liputan6.com empat tahun silam, karya Manet pun sempat masuk jajaran lukisan yang laku keras dengan harga tinggi [baca: Lukisan Picasso Bakal Menjadi Termahal di Sotheby`s]. Kala itu karya Edouard Manet dilelang bersama 44 lukisan karya Claude Monet, John Singer Sargent, dan Pablo Ruiz Picasso.(Telegraph/EPN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini