Sukses

Jakarta Diwarnai Aksi Buruh

Aksi berpusat di beberapa lokasi yaitu Bundaran Hotel Indonesia, Terminal Peti kemas Koja, Istana Merdeka, serta depan Gedung MPR/DPR.

Liputan6.com, Jakarta: Sejumlah unjuk rasa berbagai elemen buruh mewarnai peringatan Hari Buruh Sedunia di Jakarta (1/5). Aksi berpusat di beberapa lokasi yaitu Bundaran Hotel Indonesia di Jakarta Pusat, Terminal Peti Kemas Koja di Jakarta Utara, Istana Merdeka, serta depan Gedung MPR/DPR.

Polda Metro Jaya telah menerima pengajuan izin aksi memperingati Hari Buruh Sedunia atau May Day dari 11 organisasi pekerja dan serikat buruh. Para buruh meminta pemerintah segera merealisasikan berbagai regulasi yang dibutuhkan menjalankan UU sistem jaminan sosial nasional yang tertunda selama lima tahun.

Menurut data dilansir TMC Polda Metro Jaya, unjuk rasa di di area Terminal Peti Kemas Koja, berupa aksi mogok yang dilakukan oleh Serikat Pekerja Terminal Peti Kemas Koja. Di tempat yang sama, akan berlangsung juga unjuk rasa Serikat Buruh Transportasi Perjuangan Indonesia.

Sementara itu di Bundaran HI dijadikan pusat aksi organisasi di antaranya, Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia, Federasi Serikat Pekerja Logam dan Mesin, Forum Perjuangan Rakyat, Front Kebudayaan Indonesia, Himpunan Mantan dan Karyawan Hotel Indonesia, serta Gabungan Serikat Buruh Indonesia.

Sedangkan depan Istana Merdeka akan diramaikan unjuk rasa Gabungan Serikat Pekerja Manufaktur Independen, Serikat Buruh Sejahtera Indonesia, Serikat Buruh Indonesia, Serikat Pekerja Forum Komunikasi Karyawan, dan Gabungan Serikat Pekerja Merdeka Indonesia, mulai pukul 09.00 WIB hingga tengah hari.

Depan Gedung MPR/DPR unjuk rasa dilakukan oleh Serikat Buruh Migran Indonesia. Menurut Data TMC Polda Metro Jaya, Kantor Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, juga menjadi sasaran aksi unjuk rasa.(JUM/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini