Sukses

Cina Manjakan Perajin Kecil dan Menengah

Produk Cina dikenal mendunia. Satu di antara penyebabnya adalah dukungan yang besar dari pemerintah Cina. Alhasil, perajin kecil maupun menengah bisa hidup dan berkreasi lebih baik.

Liputan6.com, Beijing: Produk Cina dikenal mendunia. Satu di antara penyebabnya adalah dukungan yang besar dari pemerintah Cina. Alhasil, perajin kecil maupun menengah bisa hidup dan berkreasi lebih baik. Para perajin keramik, misalnya. Sekalipun memiliki ruang kerja yang sederhana, kreasi keramik mereka bernilai tinggi.

Berbeda dengan keramik Cina yang biasa dikenal, keramik yang dihasilkan dari usaha kecil menengah di Kota Beijing, itu dibuat khusus atau tidak massal. Mulai dari desain, pewarnaan hingga pembakaran. Saat SCTV berkunjung ke sana, semua keramik dikerjakan dengan ketelitian tertentu.

Hasil akhirnya pun indah memikat. Jika untuk oleh-oleh tentu orang akan berpikir dua kali. Namun, bila untuk koleksi pribadi, inilah tempatnya. Sebab, harga keramik ini cukup mahal, jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Jadi wajar jika produk Cina mendunia. Perhatian maupun dukungan pemerintah Cina pada usaha kecil memang patut diacungi jempol. Dengan demikian, sekalipun hanya kerja sebagai perajin, mereka bisa hidup dengan tenang.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.