Sukses

Sepekan Terendam Banjir Tiga Meter

Puluhan ribu rumah di puluhan desa di Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, sudah sepekan dilanda banjir besar. Banjir ini merupakan banjir yang terparah yang pernah melanda wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Liputan6.com, Hulu Sungai Utara: Puluhan ribu rumah di delapan kecamatan dan 86 desa di Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, dilanda banjir besar. Sudah sepekan ini air menggenangi wilayah tersebut akibat hujan yang terus mengguyur hingga membuat Sungai Amuntai meluap dan menggenangi 80% wilayah itu.

Data Hubungan Masyarakat Pemerintah Kabupaten setempat menyebutkan, sekitar 10.450 rumah di Kabupaten Hulu Sungai Utara saat ini terendam air setinggi lutut hingga pinggang orang dewasa. Sementara, ketinggian air di jalan raya mencapai satu meter hingga 1,5 meter. Bahkan, ada desa yang terendam hingga lebih dari tiga meter.

Lima dari delapan kecamatan yang paling parah adalah Amuntai Tengah, Amuntai Utara, Amuntai Selatan, Bajang, dan Haur Gading. Sebanyak 153 sekolah di lima kecamatan ini terendam air. Ratusan rumah ibadah, fasilitas umum, kantor kecamatan, pusat kesehatan masyarakat dan prasarana umum lainnya ikut terendam air. Aktivitas warga nyaris lumpuh.

Banjir kali ini merupakan banjir yang terparah yang pernah melanda wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara. Saat ini air semakin tinggi karena hujan lebat yang masih mengguyur hingga tadi malam. Buat mengantisipasi masalah ini, pemerintah setempat sudah mendirikan pos koordinasi bantuan penanggulangan korban banjir.(PAG/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.