Sukses

Jokowi: Jutaan Rakyat Harus Dapatkan Akses Keterampilan

Jokowi menyatakan pelatihan bagi masyarakat ini sudah dimotori Kemenaker yang bekerja sama dengan Kadin.

Liputan6.com, Jakarta - Program vokasi dan berbagai pelatihan keterampilan juga menjadi fokus pemerintah Jokowi-JK di tahun 2017. Keterlibatan lebih banyak kementerian akan membuka banyak peluang masyarakat dalam mendapatkan akses pelatihan.

"Segera direalisasi apa yang sudah saya perintahkan memperluas akses rakyat untuk mendapatkan keterampilan. Melalui program pendidikan kejuruan, pendidikan vokasi, dan juga pelatihan vokasi," ujar Presiden Joko Widodo dalam Sidang Paripurna Kabinet di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Rabu (4/1/2016).

Pelatihan bagi masyarakat ini sudah dimotori oleh Kementerian Tenaga Kerja yang bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin). Jokowi ingin kerja sama ini semakin luas dilakukan.

"Saya kira, bila nantinya kementerian yang dilibatkan semakin banyak, dikoordinir oleh Menko," imbuh Jokowi.

Bila kerja sama ini berjalan baik, akan lebih banyak masyarakat yang mendapat pelatihan. Jumlah itu bahkan tidak hanya ribuan, tapi jutaan warga bisa ikut pelatihan keterampilan.

"Saya kira akses rakyat untuk mendapatkan keterampilan nantinya bukan dalam jumlah ribuan tapi jutaan," ujar Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini