Sukses

Bedhoyo Harjuwiwaha Warnai Ultah Sri Sultan

Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X menciptakan sebuah tarian yang diberi nama Bedhoyo Harjuwiwaha. Tarian ini dibawakan di perayaan ulang tahun ke-64 Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Liputan6.com, Yogyakarta: Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X memberikan nuansa berbeda dalam perayaan ulang tahun Sri Sultan di Yogyakarta. Pria kelahiran 1946 ini menciptakan sebuah tarian yang diberi nama Bedhoyo Harjuwiwaha. Tarian ini mengisahkan satria pinihih, seorang pemimpin yang bisa mewujudkan keadilan dan kemakmuran di negerinya.

Tarian karya Sri Sultan Hamengku Buwono X ditampilkan di bangsal Kencono Keraton Yogyakarta, Sabtu (17/4). Tarian Bedhoyo Harjuwiwaha dibawakan sembilan penari putri keraton, dua di antaranya adalah putri Sri Sultan yakni GKR Pembayun dan GKR Condrokirono.

Bagi warga yang berdoa di perayaan ulang tahun Sri Sultan Hamengku Buwono X disebut sangat istimewa. "Pada harinya yang sama, tanggalnya sama dalam bulan Jawa," kata GBPH Yudhoningrat, adik Sri Sultan Hamengku Buwono X. Selain itu, usia ke-64 atau 8 Windu punya makna yang sangat penting bagi seorang raja di tanah Jawa.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.