Sukses

USS Blue Ridge Singgah di Jakarta

Salah satu armada kapal perang AS, USS Blue Ridge, singgah di Pelabuhan Tanjungpriok, Jakarta. Kapal ini dilengkapi teknologi canggih.

Liputan6.com, Jakarta: Salah satu kapal perang Amerika Serikat USS Blu Ridge singgah di Jakarta, Sabtu (17/4). USS Blue Ridge merupakan satu dari puluhan kapal perang di armada ketujuh Angkatan Laut AS. Selama dua hari kapal komando ini bersandar di Pelabuhan Tanjungpriok Jakarta.

Meski tergolong tua, teknologi tercanggih ada di kapal ini. Kemampuan untuk mendeteksi pergerakan di darat, laut, dan udara misalnya, menjadikan kapal ini sebagai kapal pusat komando dan komunikasi. Blue Ridge memang berbeda dari kapal perang pada umumnya. Bukan persenjataan yang menghiasi namun berbagai model tiang pemancar dan alat komunikasi tersebar di bagian atas kapal.

"Saya sudah mengepalai gugus tugas ke-7 ini selama 19 bulan, sebagian besar dari kapal ini, USS Blue Ridge. Usia kapal ini 39 tahun. Gugus tugas ke-7 itu unik karena merupakan satu-satunya gugus tugas AS yang diperintah dari sebuah kapal," kata Vice Admiral John M Bird, Komandan Armada ke 7 AS.

Kapal yang mempunyai wilayah tugas di kawasan Asia-Pasifik ini membawa 650 personel. Saat bertugas di wilayah yang tergolong aman, USS Blue Ridge hanya dipersenjatai dengan senjata api. Selain itu dua helikopter jenis Sea Hawk adalah satu-satunya alat transportasi yang dimiliki kapal perang ini.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini