Sukses

Menko Pulhukam: Berita Hoax Bikin Masyarakat Bingung

Wiranto mengimbau masyarakat agar bertanggung jawab dalam memanfatkan teknologi dengan tidak menyebarkan berita hoax.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan, masyarakat akan dirugikan atas tersebarnya berita yang tidak jelas alias hoax.

Dia menuturkan, dampak berita hoax bagi masyarakat itu di antaranya muncul keraguan terhadap segala informasi yang diterima. Sehingga masyarakat menjadi bimbang dan bingung.

"Kita sekarang dihadapkan kemajuan teknologi, yang di satu sisi perlu disyukuri karena membawa proses pendidikan yang lebih baik serta informasi yang lebih cepat dan luas. Tapi di sisi lain kegiatan ini dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu yang kemudian menggunakannya untuk fitnah. Ini tentu saja membuat masyarakat bingung," ujar Wiranto di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Selasa 3 Januari 2017.

Menurut Wiranto, kebingungan masyarakat ini dapat dimanfaatkan pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menanamkan kebencian, sehingga berpeluang terjadi perpecahan dan permusuhan di antara anak bangsa.

"Kalau sudah begitu (perpecahan) pembangunan nasional akan terganggu. Yang rugi tetap masyarakat, bangsa, dan negara juga tentu merugi," jelas dia seperti dikutip dari Antara.

Karena itu, mantan Panglima TNI ini mengimbau masyarakat agar bertanggung jawab dalam memanfatkan teknologi serta menyebarkan informasi kepada masyarakat.

"Selanjutnya, kami akan tertibkan berita hoax. Bebas berpendapat boleh, diizinkan, tetapi dengan cara-cara yang baik, yang elegan dan bermartabat," tutur Wiranto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini