Peluang Menjanjikan Bisnis Belut Olahan

  • Cabe Rawit
  • 0
  • 12 Apr 2010 09:57

100412acaberawit.jpg
Liputan6.com, Sukabumi: Bagi sebagian orang, makan belut bisa jadi sangat tidak disukai jika mengingat bentuk dan tempat hidupnya. Padahal peluang bisnis belut sangat menjanjikan. Belum lagi manfaat belut bagi kesehatan yang salah satunya adalah kandungan hormon untuk kesehatan tulang. Kandungan proteinnya pun setara dengan protein pada daging sapi.

Seseorang yang jeli melihat peluang ini adalah Komalasari. Wanita yang akrab dengan belut sejak kecil ini melihat Sukaraja, Sukabumi, Jawa Barat, adalah wilayah yang berpotensi menghasilkan banyak belut. Ia kemudian bergerak dengan memberikan penyuluhan untuk penangkapan dan budidaya. "Masyarakat sebagian menjadi penangkap (belut), sebagian pembudidaya," ujar Komalasari.

Ia kemudian mengumpulkan belut yang dihasilkan para penangkap dan pembudidaya. Ada sejumlah inovasi dari usaha yang dimulai sejak 1985 ini di antaranya dendeng belut, abon belut, dan belut yang dikemas dalam bentuk pil. "Kalau makan abon nggak kelihatan jijik dengan bentuknya, jadi bisa dimakan semua," ujar Komalasari.

Usaha yang dinamakan Flamboyan ini memang telah berkembang cukup pesat. Belut olahan milik Komalasari kini bahkan mengekspor produknya ke Malaysia, Korea, Jepang, selain memenuhi permintaan pasar lokal. "Untuk dapat memenuhi potensi pasar saya menambah mitra yang membudidayakan belut, menambah anggota kelompok tangkapan," ujar dia.(YNI)

Komalasari
Telepon: 0818.0292.7735
Alamat: Jalan Tugu, Sukaraja, Sukabumi, Jawa Barat
Terpopuler