Sukses

Ratusan TKI Masih Telantar di Kolong Jembatan

Pantauan SCTV beberapa hari lalu, masih terdapat ratusan TKI yang telantar di kolong Jembatan Kandarah di Jeddah, Arab Saudi. Kondisi itu terjadi sejak Juli 2009.

Liputan6.com, Jeddah: Beberapa hari lalu, SCTV sempat mendatangi kolong Jembatan Kandarah di Jeddah, Arab Saudi. Tak ada yang berubah di tempat itu dibanding Juli 2009. Ratusan tenaga kerja Indonesia (TKI) telantar di sana. Di antara mereka, ada yang sakit. Ada juga anak-anak balita yang dibawa para TKI yang umumnya wanita itu.

Mereka adalah TKI dengan beragam masalah. Ada yang disiksa dan diusir majikannya dan ada yang sudah habis masa izin tinggalnya. Mereka tak bisa pulang karena kehilangan dokumen. Ada pula yang pergi ke Arab Saudi tanpa dokumen resmi sehingga terlunta-lunta.

Juli 2009, seorang TKI bernama Halimah binti Kohar asal Cianjur, Jawa Barat, meninggal setelah menahan sakit selama berbulan-bulan di kolong jembatan tanpa perawatan. Halimah sempat mengemukakan keinginan terakhirnya untuk pulang ke Indonesia, namun ajal lebih cepat menjemputnya sebelum sempat bertemu keluarga [baca: Jenazah TKI Tewas di Jeddah Tiba di Tanah Air].

Kabinet sudah berganti, termasuk perwakilan Indonesia untuk Arab Saudi. Tapi persoalan TKI yang telantar di kolong jembatan Kandarah masih belum tertangani. Kondisi ini jelas memprihatinkan. Satu sisi, TKI dielu-elukan sebagai pahlawan devisa. Di sisi lain, perlindungan terhadap para pahlawan devisa itu jauh dari layak.(TES/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini