Sukses

Kyrgyzstan Kian Bergejolak

Setidaknya 17 orang tewas dan sedikitnya 180 terluka dalam bentrokan antara demonstran dan pasukan keamanan di Kyrgyzstan. Namun, pihak oposisi mengklaim sebanyak 100 demonstran telah tewas ditembak peluru tajam.

Liputan6.com, Bishkek: Setidaknya 17 orang tewas dan sedikitnya 180 terluka dalam bentrokan antara demonstran dan pasukan keamanan di Kyrgyzstan pada Rabu (7/4). Namun, pemimpin oposisi utama mengatakan, sebanyak 100 demonstran tewas usai polisi melepaskan tembakan dengan peluru tajam. Hanya saja, klaim ini belum dikonfirmasi.

Peristiwa ini terjadi saat ribuan demonstran menyerbu gedung pemerintah utama, membakar kantor kejaksaan, dan mengambil alih televisi negara. Pemimpin partai oposisi utama Ata-Meken mengumumkan di televisi nasional bahwa ia sedang bernegosiasi dengan presiden dan menuntut presiden untuk mundur. Para pejabat pemerintah tidak bisa segera dihubungi untuk mengomentari klaim tersebut.

Letusan kekerasan telah menghancurkan stabilitas negara bekas Soviet yang juga merupakan rumah pangkalan militer AS--pusat pasokan utama untuk memerangi Taliban di Afghanistan dan sekitarnya.(AST/ANS/AP)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini