Sukses

Gempa 7,2 SR Guncang Perbatasan AS-Meksiko

Gempa besar berkekuatan 7,2 skala Richter mengguncang perbatasan AS-Meksiko, tepatnya di pusat Kota Los Angeles dan San Diego, Ahad sore waktu setempat. Guncangan juga dirasakan hingga California Selatan dan Arizona.

Liputan6.com, Los Angeles: Gempa besar berkekuatan 7,2 skala Richter mengguncang perbatasan AS-Meksiko, tepatnya di pusat Kota Los Angeles dan Kota San Diego, Ahad (4/4) sore waktu setempat. Guncangan juga dirasakan hingga California Selatan dan Arizona. Demikian dirilis situs Associated Press.

Menurut ahli badan meteorologi AS atau USGS, Lucy Jones, gempa terjadi pada pukul 15.40 waktu setempat, di Baja California, Meksiko, sekitar 30-an kilometer sebelah mil tenggara Mexicali. Awalnya kekuatan gempa diperkirakan 6,9 SR. Namun setelah ditinjau ulang berdasarkan data, dipastikan kekuatan mencapai 7,2 SR.

Guncangan menyebabkan beberapa bagian bangunan dan pipa rusak di beberapa tempat. Namun sejauh ini belum ada laporan kerusakan besar berarti dan korban jiwa.

Sebelumnya, kawasan Baja dilaporkan mengalami guncangan gempa kecil berkekuatan 3 SR pada Ahad pagi. Selepas gempa besar, USGS melaporkan tiga kali gempa susulan dalam waktu satu jam berkekuatan 5,1 SR, 4,5 SR, dan 4,3 SR mengguncang padang pasir wilayah Imperial County.

Menurut Jones, gempa bumi besar berkekuatan 7,3 SR atau Gempa Landers pernah mengguncang Baja California terakhir kali pada 1992.(EPN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.