Sukses

Sebanyak 149 Perusahaan Bermasalah Pajak Terkait Gayus

Sebanyak 149 perusahaan yang bermasalah dengan pajak diduga terkait dengan pegawai Direktur Jenderal Pajak, Gayus Tambunan.

Liputan6.com, Jakarta: Sebanyak 149 perusahaan yang bermasalah dengan pajak diduga terkait dengan pegawai Direktur Jenderal Pajak, Gayus Tambunan. "Saya ada daftarnya (perusahaan bermasalah dengan pajak). Ini terkait dengan Gayus, di antaranya masuk rekening Gayus," kata Bambang Soesatyo usai bertemu Kapolri, Jenderal Bambang Hendarso Danuri di Mabes Polri, Kamis (1/4).

Bambang menjelaskan pengungkapan rekening mencurigakan milik Gayus sebesar Rp 25 miliar yang diduga terkait kasus perpajakan, pencucian uang dan korupsi tersebut merupakan bagian dari kejahatan terkecil saja. Bambang beralasan ada dugaan Gayus terlibat juga kejahatan perpajakan pada ratusan perusahaan itu.

"Kita berharap Polri bisa mengungkap kasus besar pada kejahatan perpajakan," ujar Bambang. Politisi asal Partai Golkar itu menyatakan Komisi III DPR RI menanggapi pengungkapan sindikat kasus penggelapan atau mafia kasus pajak itu penting termasuk polisi harus bisa membongkar sebab dan akibat praktik kejahatannya.

Sementara itu, Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri Komisaris Jenderal Ito Sumardi mengungkapkan, penyidik sedang mendalami dugaan adanya ratusan perusahaan yang menggelapkan pajak terkait dengan tersangka Gayus Tambunan. Ito menyatakan jika data dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) sudah keluar, maka penyidik akan membuktikan melalui suatu proses penyidikan.(Ant/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini