Sukses

Di Bali, Cetakan Soal Ujian Tidak Jelas

Hari pertama ujian nasional SMP di Kabupaten Tabanan, Bali, diwarnai dengan ditemukannya kerusakan pada soal ujian. Cetakan soal tak jelas atau bahkan kosong sama sekali.

Liputan6.com, Tabanan: Hari pertama ujian nasional sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Tabanan, Bali, Senin (29/3) pagi, diwarnai dengan ditemukannya kerusakan pada soal ujian Bahasa Indonesia. Salah satunya di SMP Negeri II Kerambitan. Cetakan soal tak jelas atau bahkan kosong sama sekali.

Kerusakan terlihat di paket soal 27. Dalam satu paket soal yang terdiri dari 23 halaman, kerusakan sebanyak delapan halaman tidak terdapat cetakan huruf. Dikawatirkan, akibat kerusakan itu proses ujian dapat berpengaruh pada mental siswa, termasuk kehilangan banyak waktu saat soal di foto kopi.

Akibat kejadian tersebut, pihak sekolah sudah koordinasi kepada pihak terkait dan berharap kerusakan seperti yang terjadi hari ini tidak terjadi pada ujian besok.

Di Serang, Banten, polisi menangkap Akbar Maulana yang diduga sebagai pelaku penyebar jawaban ujian nasional melalui pesan pendek (SMS) kepada para siswa di sejumlah SMA di Serang. Menurut Kasat Reskrim Polres Serang AKP Sofwan Hermanto, pria 23 diduga kuat sebagai pelaku utama dan bisa kemungkinan dijadikan tersangka [baca: Pelaku Penyebar Jawaban UN Ditangkap].(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini