Sukses

Menag Lukman ke Arab Saudi Cek Kuota Haji 2017 Kembali Normal

Menag Lukman Hakim akan memastikan kuota haji Indonesia kembali normal seperti sebelum dipangkas karena ada proyek perluasan Masjidil Haram.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin terbang ke Arab Saudi. Ia ingin memastikan kuota haji Indonesia kembali normal seperti sebelum dipangkas karena ada proyek perluasan Masjidil Haram.

"Insya Allah hari ini saya akan bertolak ke Jeddah karena besok akan ada penandatanganan MoU," kata Lukman di Jakarta, Selasa (3/1/2017).

Dia mengatakan, dalam nota kesepahaman mengenai haji itu ada butir-butir kesepakatan mengenai kuota haji masing-masing negara, termasuk Indonesia. Indonesia mendapatkan kehormatan sebagai negara pertama di dunia yang menandatangani nota kesepahaman haji di Arab Saudi.

Kuota haji Indonesia sempat dipotong 20 persen sejak beberapa tahun belakangan akibat ekspansi Masjidil Haram. Indonesia memiliki kuota haji 210 ribu orang dan dipotong menjadi 168 ribu.

Lukman mengatakan, pengembalian dan penambahan kuota haji Indonesia akan berdampak besar terhadap pelayanan jemaah haji Indonesia. Implikasi kembalinya kuota, kata dia, bukan hanya akomodasi dan konsumsi tapi juga petugas pelayanan haji di dalam negeri dan di Saudi.

Seperti dilansir Antara, hingga saat ini daftar tunggu haji di sejumlah daerah di Indonesia semakin panjang, mulai dari belasan bahkan sampai puluhan tahun. Kemenag mencatat sekitar tiga juta orang masuk atrean haji.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini