Sukses

JPU Siapkan 6 Saksi yang Beratkan Ahok

Saksi-saksi yang akan dihadirkan JPU sejatinya memberatkan Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Liputan6.com, Jakarta - Sidang lanjutan kasus dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok kembali digelar di auditorium Kementerian Pertanian (Kementan). Sidang keempat Ahok ini akan beragendakan pemeriksaan saksi-saksi.

Kali ini yang mendapatkan giliran pertama adalah Jaksa Penuntut Umum (JPU), yang berjumlah 13 anggota. Saksi-saksi yang akan dihadirkan JPU tersebut akan memberatkan Ahok.

"Ya sekitar lima atau enam saksi dulu kita hadirkan," kata Ketua tim JPU, Ali Mukartono, usai persidangan di bekas gedung Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jakarta, Selasa 27 Desember 2016.

Soal keahlian dari saksi yang akan dihadirkan terlebih dulu untuk membuktikan perkara yang ditudingkan kepada Ahok, mantan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bengkulu ini enggan membeberkan lebih lanjut.

"Nanti kita akan koordinasikan," kilah Ali.

Pada sidang akhir tahun lalu, majelis hakim menolak semua nota keberatan Ahok dan penasihat hukumnya. Atas dasar itu, sidang Ahok terkait kasus dugaan penistaan agama pun berlanjut.

"Mengadili, satu, menolak terdakwa Basuki Tjahaja Purnama dan penasihat hukum terdakwa untuk seluruhnya," ucap hakim Dwiarso dalam persidangan.

‎Kedua, ujar dia, PN Jakarta Utara menyatakan berkas perkara atas nama terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dilanjutkan.

Putusan ini, ujar Dwiarso, bukan tanpa sejumlah pertimbangan dari majelis hakim PN Jakarta Utara. Majelis hakim menilai dakwaan jaksa penuntut umum (JPU) telah jelas dan cermat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.