Sukses

Basarnas Cari 17 Korban Hilang Kapal Zahro Expres Terbakar

Tim SAR terus mencari korban hilang dalam tragedi KM Zahro Expres yang terbakar di Perairan Kepulauan Seribu.

Liputan6.com, Jakarta Tim SAR terus mencari korban hilang dalam tragedi KM Zahro Expres yang terbakar di Perairan Kepulauan Seribu. Proses pencarian mulai berlangsung sejak pukul 07.00 WIB.

"Saat ini proses pencarian masih berlangsung dari Basarnas, dimulai pukul 07.00 WIB sampai nanti pukul 16.00 WIB," ujar Pusdalops BPBD DKI Sudono saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Senin (2/1/2017).

Dia menambahkan, proses pencarian korban hilang KM Zahro Expres ini akan dilakukan dalam beberapa hari ke depan. Bahkan jika menurut prosedur dan ketetapan SAR, proses pencarian berlangsung selama sepekan setelah kejadian.

"Protapnya 7 hari. Tapi tergantung di lapangan nanti," ujar dia.

Mengenai pencarian korban, Sudono tak menampik jika nantinya tim SAR akan melebarkan area pencarian. Namun hal tersebut tergantung dari kondisi di lapangan.

"Jumlah korban meninggal hingga pukul 00.00 WIB dini hari tadi, 17 orang meninggal dunia, 17 orang masih hilang," ujar Sudono.

Kapal Zahro Expres terbakar Minggu pagi, 1 Januari 2017, di perairan Kepulauan Seribu. Saat itu kapal mengangkut 150 orang dari Pelabuhan Muara Angke menuju Pulau Tidung. Namun, setelah berlayar 1 mil, kapal terbakar. Bangkai kapal kini telah dievakuasi ke Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.