Sukses

Petugas Gabungan Amankan Pergantian Tahun Baru 2017 di Anyer

Daerah wisata Pantai Anyer dan sekitarnya dijaga personel BPBD guna mencegah timbulnya korban jiwa karena bermain air di pantai.

Liputan6.com, Serang - Polda Banten akan memfokuskan diri mengamankan tempat wisata dan Pelabuhan Merak pada saat malam pergantian tahun dan libur tahun baru 2017.

"Saat ini fokusnya di samping tempat-tempat ibadah, dan juga tempat hiburan tempat wisata, kemudian jalur yang mungkin padat, itu kita fokusnya kita ke sana," kata Wakapolda Banten Kombes Aan Suhana, Sabtu (31/12/2016).

Pihaknya mengaku menerjunkan dua per tiga dari kekuatan Polda Banten yang bekerjasama dengan TNI, Ormas, dan pemerintah guna mencegah terjadinya tindak pidana kriminal hingga terorisme saat malam tahun baru.

"Untuk anggota kita sendiri sudah kita plotting di tempatnya masing-masing. Jadi semua yang ada kegiatan masyarakat kita amankan. Semua kita libatkan, dari unsur TNI, Ormas, instansi pemerintah semua kita libatkan," tegas Aan.

Selain itu, daerah wisata Pantai Anyer dan sekitarnya dijaga personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang guna mencegah timbulnya korban jiwa karena bermain air di pantai.

"Turut serta relawan pantai ikut dalam pengamanan wisatawan luar maupun domestik sepanjang libur akhir tahun. Untuk personel Damkar, disiagakan untuk PAM daerah wisata Anyer 1 regu dan 1 unit mobil Damkar kapasitas 5.500 liter," kata Kasubag Penanggulangan Bencana dan Bantuan Teknis BPBD Kabupaten Serang Hotman Siregar.

Terlebih saat ini cuaca ekstrem tengah turun di Provinsi Banten, seperti angin kencang dan hujan. Sehingga petugas BPBD bersama Polri, TNI, Tim SAR hingga Satpol PP pun bersiaga, termasuk memasang papan peringatan dan batas aman berenang di laut.

"BPBD mengimbau kepada wisatawan agar berhati-hati dan tidak memaksakan berenang di pantai jika ketinggian ombak berbahaya atau mencapai tiga meter," ucap Hotman.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.