Sukses

Polisi Akan Usir Pengendara Parkir di Bahu Jalan Puncak

Tindakan ini dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan pada saat jalur dari arah Jakarta menuju Puncak dibuka pada pukul 06.00 WIB.

Liputan6.com, Bogor - - Kawasan Puncak Bogor masih menjadi tujuan utama warga Jabodetabek untuk merayakan malam pergantian tahun.

Mengatasi kemacetan parah pada arus balik perayaan Tahun Baru 2017, Kepolisian Resor Bogor akan mengarahkan para pengunjung untuk segera meninggalkan kawasan Puncak Minggu 1 Januari 2017 mulai pukul 01.00 WIB.

"Kami akan usir pengunjung terutama yang parkir kendaraannya di bahu jalan untuk turun (meninggalkan Puncak)," tegas Kasatlantas Polres Bogor AKP Silfia Sukma Rosa, Jumat 30 Desember 2016.

Tindakan ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan pada saat jalur dari arah Jakarta menuju Puncak dibuka pada pukul 06.00 WIB.

Berkaca pada malam pergantian tahun sebelumnya, pada saat jalur dibuka arus lalu lintas di sana macet parah. Ini diakibatkan terhalang oleh banyaknya kendaraan yang parkir di bahu jalan. Kondisi diperparah adanya sebagian pengendara yang memilih pulang bersamaan dibukanya jalur menuju Puncak.

"Di saat bersamaan itu jadi macet," ujar Silfia.

Oleh karena itu, polisi akan menguras kendaraan dari arah Puncak menuju Bogor maupun Jakarta sebelum jalur dibuka.

"Kendaraan kita dorong hadi sebelum pukul 6 bahu jalan sudah steril," kata Silfia.

Dia kembali mengingatkan, kendaraan yang akan melewati jalur Puncak, Cianjur dari arah Jakarta akan ditutup selama 12 jam dimulai Sabtu 31 Desember 2016 pukul 18.00 WIB hingga Minggu 1 Januari 2017 pukul 06.00 WIB.

Namun, penutupan dan pengalihan arus dikhususkan untuk mobil pribadi, bus, kendaraan umum lainnya.

"Untuk para pengendara yang rumahnya di wilayah Puncak tetap kami perbolehkan melintas tapi lewat jalur alternatif," kata dia.

Menurut dia, jalur dari arah Puncak menuju Jakarta akan dibuku pada pukul 01.00 WIB. "Untuk kendaraan yang ada di sekitar Puncak Bogor boleh ke bawah setelah selesai pergantian tahun. Ini supaya pagi tidak macet parah," kata Silfia.








* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.