Sukses

Ketua MPR: Indonesia Harus Swasembada di Segala Bidang

Ketua MPR mengatakan Indonesia harus bisa berdiri di kaki sendiri, terutama di sektor pangan sebagai parameter kesejahteraan negara.

Liputan6.com, Lampung - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan Indonesia harus bisa berdiri di kaki sendiri (swasembada) dalam segala bidang. Terutama, di sektor pangan sebagai parameter kesejahteraan negara dan rakyat.

"Harus segera menuju ke arah swasembada di segala bidang terutama pangan. Swasembada pangan adalah parameter negara dan rakyatnya yang sejahtera," kata Zulkifli dalam kunjungan ke Kota Metro, Lampung, Jumat 30 Desember 2016.

Ketua MPR mengatakan swadembada pangan juga menjadi representasi pengamalan Pancasila. Yakni, lanjut dia, berlaku adil kepada segenap rakyat Indonesia.

Pada kunjungan kerja bersama Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman itu, Zulkifli juga memuji profesi petani. Dia menilai profesi petani tidak bisa dipandang sebelah mata.

"Profesi petani sebenarnya tidak bisa dipandang sebelah mata. Profesi petani sebenarnya bisa membuat sejahtera karena seperti di Jepang misalnya petani di sana sejahtera semua. Itu yang harus dibangun saat ini," ujar Zulkifli.

Untuk mewujudkan kesejahteraan petani, dia meminta kerja sama antara rakyat, pemerintah dan legislatif. Ketiga pihak tersebut harus saling mendukung.

"Saat ini yang harus dilawan adalah para pedagang tengah atau broker. Merekalah yang menghancurkan sistem harga dipasaran dan membuat petani menderita," tutur Zulkifli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.