Sukses

VIDEO: Indonesia Kirim 10 Kontainer Bantuan untuk Rohingya

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melepas keberangkatan bantuan kemanusiaan untuk dikirimkan ke Provinsi Rakhine, Myanmar. Pelepasan dilakukan di Terminal 3 Tanjung Priok, Jakarta Pusat, Rabu 28 Desember 2016,

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Kamis (29/12/2016), 10 kontainer bantuan untuk etnis Rohingya ini berasal dari bantuan pemerintah, masyarakat, dan pengusaha. Bantuan berisi mie instan, makanan bayi, sarung dan sesuai kebutuhan masyarakat Rohingya di Rakhine.

Indonesia berperan aktif mengupayakan solusi krisis kemanusiaan yang menimpa Myanmar. Ini dilakukan dengan dibukanya jalur kemanusiaan ke Rakhine awal Desember melalui pertemuan di Myanmar.

Melalui Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Presiden Jokowi menyampaikan empat pesan untuk Aung San Suu Kyi. Pesan yang sama juga disampaikan Jokowi saat bertemu dengan Ketua Komisi Pencari Fakta PBB Kofi Annan di Bali, Desember 2016.

Jokowi berharap bantuan dari Indonesia diterima dengan baik sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama.

Beberapa waktu lalu di Provinsi Rakhine diguncang konflik yang memicu pengungsian besar-besaran etnis Rohingya. Kejadian ini pula yang mendorong PBB mengirim Komisi Pencari Fakta yang dipimpin mantan sekjen PBB atas dugaan genosida.

Saksikan tayangan video selengkapnya di tautan ini

Artikel Selanjutnya
Serahkan Bantuan Nontunai, Ini Pesan Khofifah ke Warga Bengkulu
Artikel Selanjutnya
Modus Teroris Tangsel Rekrut Orang ke Filipina dan Suriah