Sukses

Jokowi Tunggu Laporan Kemenhan soal Pembelian Heli AW 101

Jokowi ingin tahu persis informasi kebenaran pembelian helikopter asal Inggris itu.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar pembelian helikopter AW-101 kembali merebak. Kabar ini muncul saat beredar foto pihak Indonesia tengah uji terbang di Inggris. Padahal, pembelian helikopter itu sempat ditolak Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Jokowi rupanya sudah mendengar kabar adanya pembelian Helikopter mewah oleh TNI AU. Dia belum mau berkomentar banyak sebelum mendengar penjelasan langsung dari Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu.

"Saya nanti akan tanyakan ke Kemenhan karena ini urusannya dari Kementerian Pertahanan," kata Jokowi usai meresmikan pos lintas batas negara Motaain, Belu, NTT, Rabu 28 Desember 2016.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu ingin tahu persis informasi kebenaran pembelian helikopter asal Inggris itu. Yang pasti, bila ada penyelewengan, dia tak segan menindak tegas.

"Yang jelas satu saja, kalau ada penyelewengan tahu sendiri," tegas Jokowi.

Jokowi memang ingin industri pertahanan Indonesia terus maju dan berkembang. Pembelian alutsista juga harus mengutamakan produk dalam negeri.

"Sejak awal kalau dalam negeri bisa, ya dalam negeri. Kalau tidak, dari luar pun juga harus ada hitungannya, ada kalkulasinya," pungkas [Jokowi.](Jokowi. "")



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.