Sukses

Presiden Buka Muktamar NU

Muktamar Nadhlatul Ulama ke-32 resmi dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Celebes Convention Center, Selasa (23/3) . Ini merupakan muktamar pertama yang diadakan di luar Jawa.

Liputan6.com, Makassar: Muktamar Nadhlatul Ulama ke-32 resmi dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Celebes Convention Center, Selasa (23/3) . Ini merupakan muktamar pertama yang diadakan di luar Jawa.

Sekitar delapan sampai sepuluh ribu peserta dari 544 Pengurus Cabang NU menghadiri muktamar tersebut. Muktamar kali ini juga diadakan tanpa kehadiran Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, yang merupakan salah satu tokoh penting organisasi Islam terbesar di Indonesia itu.

Salah satu agenda yang paling ditunggu adalah pemilihan pucuk pimpinan Pengurus Besar NU. Terdapat tujuh calon yakni KH Solahuddin Wahid, KH Agil Siradj, KH Masdar Masudi, Slamet Effendy Yusuf, Ali Maschan Musa, Ahmad Bagja, dan Ulil Abshar Abdalla.

Yang tak kalah penting juga agenda pemilihan Rois Aam, yaitu dewan perumus kebijakan NU. Kandidat calon Rois Aam diantaranya adalah KH Sahal Mahfudz dan KH Hasyim Muzadi.

Selain itu, dalam muktamar kali ini juga dibahas tentang berbagai persoalan bangsa dan negara. Misalnya soal Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik, serta mengenai penyadapan telepon. Muktamar NU akan berlangsung di Makassar mulai Selasa hingga Ahad (28/3) nanti.(TES/ARI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.