Sukses

Malam Tahun Baru, Polisi Tutup Jalur Alternatif Puncak

Penutupan jalur Puncak diberlakukan mulai 31 Desember 2016 pukul 18.00 WIB hingga 1 Januari 2017 pukul 06.00 WIB.

Liputan6.com, Bogor - Kepolisian Resor Bogor akan menutup jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat, menjelang malam pergantian tahun. Penutupan jalur diberlakukan mulai 31 Desember 2016 pukul 18.00 WIB hingga 1 Januari 2017 pukul 06.00 WIB.

Kepolisian juga akan menutup seluruh jalur alternatif menuju kawasan Puncak. Jalur alternatif yang akan ditutup antara lain alternatif Teluk Pinang, alternatif Citeko, jalan alternatif Talang Air, dan Sentul-Pasir Angin.

"Jalur alternatif juga akan kami tutup," kata Kasatlantas Polres Bogor AKP Silfia Sukma Rosa, Bogor, Rabu (28/12/2016).

Penutupan jalur alternatif Puncak dilakukan sebagai upaya mencegah kemacetan parah di sepanjang jalur tersebut. Ini mengingat kondisi jalan yang sempit juga berliku, ditambah minimnya penerangan jalan umum.

Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, wisatawan banyak yang menggunakan jalur alternatif, mengingat jalur utama ditutup. Namun akhirnya pengendara tidak bisa melintas, bahkan terkunci karena terus dipadati kendaraan.

"Nanti kami akan tempatkan petugas di setiap jalur alternatif untuk menyekat jalan. Terkecuali warga sekitar atau sepeda motor, itu boleh lewat," kata Silfia.

Oleh karena itu, dia mengimbau bagi masyarakat yang akan mengisi libur akhir tahun di Puncak maupun Cianjur agar tiba lebih awal atau sebelum diberlakukannya penutupan jalur, yaitu pukul 18.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.