Sukses

VIDEO: Mahasiswa Ricuh Menolak TKA asal China di Kendari

Kelompok mahasiswa di Jalan Laode Hadi Bay Pass, Kendari, Sulawesi Tenggara, mengadang dan merusak mobil yang ditumpangi Tenaga Kerja Asing.

Liputan6.com, Jakarta Kelompok mahasiswa di Jalan Laode Hadi Bay Pass, Kendari, Sulawesi Tenggara, mengadang dan merusak mobil yang ditumpangi Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Selasa (27/12/2016), aksi puluhan mahasiswa itu menjadi anarkis, karena jenuh dengan banyaknya TKA ilegal yang masuk ke Sulteng. Sebagian besar bekerja di bidang tambang seperti tambang emas yang merusak lingkungan. 

Polisi yang datang ke tempat kejadian mengamankan sembilan tenaga kerja asing ke kantor imigrasi kelas 1A  dan akan menindaklanjuti mahasiswa yang melakukan tindakan anarkis.

Sepanjang 2016, menurut data kantor imigrasi kelas 1A Kendari, ada 42 warga negara asing asal China yang telah dideportasi. Itu karena mereka bekerja secara ilegal dengan memanfaatkan visa kunjungan wisata.

Di sisi lain, Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya ke proyek pembangkit listrik tenaga panas bumi di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, meminta masyarakat realistis menyikapi TKA yang bekerja di Indonesia.

Saksikan tayangan video selengkapnya dalam tautan ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.