Sukses

Kaleidoskop News Agustus 2016: Menguak Kepingan Puzzle Jessica

Kasus kopi bersianida Mirna Salihin hingga playboy Facebook memperdayai korban berujung maut mewarnai Agustus 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Sidang kasus kopi bersianida yang menewaskan Wayan Mirna Salihin dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso telah melalui 32 kali persidangan. Sidang selama itu demi mencari fakta apakah benar Jessica tega meracuni Mirna yang merupakan sahabatnya sendiri.

Pada sidang ke-15, misteri sejumlah kepingan puzzle mulai terkuak. Seperti komentar ayah Mirna yang mengaku menyimpan bukti pamungkas untuk menjerat Jessica, serta penggambaran penilaian tim jaksa penuntut umum (JPU) terhadap jalannya persidangan.

Misteri itu membuat penasaran pembaca Liputan6.com pada Agustus 2016. Meski akhirnya Jessica divonis bersalah dan dijatuhi hukuman 20 tahun kurungan penjara.

Kemudian dunia artis dikejutkan dengan jeratan kasus narkoba. Kepolisian mengamankan delapan orang di kamar hotel di Selaparang, Mataram, Nusa Tenggara Barat. Enam orang diketahui positif mengonsumsi narkoba, salah satunya artis Reza Artamevia. Kabar ini juga banyak menarik perhatian pambaca.

Sementara itu, model Anggita Sari sempat buka suara terkait testimoni terpidana mati Freddy Budiman kepada Koordinator Kontras Haris Azhar. Mantan kekasih Freddy Budiman itu memberikan lima kesaksian yang membuat pembaca Liputan6.com penasaran.

Berikut 6 berita yang paling banyak menarik perhatian pembaca Liputan6.com selama Agustus 2016:


1. 5 Fakta Terungkap dalam Sidang ke-15 Jessica Wongso

Jessica Kumala Wongso

Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) telah menggelar sidang ke-15 pembunuhan Wayan Mirna Salihin dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso, pada Senin 29 Agustus 2016.

Agenda sidang saat itu adalah pemeriksaan dua saksi fakta, yakni petugas medis Unit Gawat Darurat (UGD) RS Abdi Waluyo, dokter Prima Yudho dan dokter Ardianto.

Sidang yang berlangsung hanya sekitar 1,5 jam ini menguak "kepingan-kepingan puzzle" baru dalam kasus pembunuhan Mirna. Seperti komentar ayah Mirna yang mengaku menyimpan bukti pamungkas untuk menjerat Jessica, serta penggambaran penilaian tim jaksa penuntut umum (JPU) terhadap jalannya persidangan.

Selengkapnya...

 

2. Hasil Tes Urine, Reza Artamevia Positif Konsumsi Narkoba

Reza Artamevia siap panaskan Java Jazz Festival 2015

Kepolisian mengamankan delapan orang di kamar 1100, Hotel Golden Tulip, Selaparang, Mataram, Nusa Tenggara Barat. Enam orang diketahui positif mengonsumsi narkoba, salah satunya artis Reza Artamevia.

Hasil tersebut didapatkan penyidik pada Senin 29 Agustus 2016 malam, berdasarkan tes urine penyidik.

Selain Reza, di antara enam orang itu adalah Gatot Brajamusti (54) dan Dewi Aminah (45). Namun, pihaknya berwenang belum bisa memastikan narkoba apa yang dikonsumsi keenam orang tersebut.

Selengkapnya...

 

3. Anggita Sari dan 5 Rahasia Freddy Budiman

Anggita Sari (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Model Anggita Sari buka suara terkait testimoni terpidana mati Freddy Budiman kepada Koordinator Kontras Haris Azhar. Mantan kekasih Freddy Budiman itu memberikan lima kesaksiannya.

Salah satunya Freddy Budiman mendapat akses istimewa sebelum dihukum mati karena kasus narkoba.

Anggita mengaku menyaksikan dengan mata kepalanya sendiri dan merasakan keadaan Freddy ketika ditahan di Lapas Cipinang, Jakarta Timur. Baik kondisi sel, kendaraan, kemudahan transaksi narkoba, hingga jam jenguk pun tidak dipersulit.

Selengkapnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fakta Tewasnya Bella Berawal dari Facebook

4. Fakta Tewasnya Bella, dari Facebook Berakhir di Hotel Cipulir

Bella Oktaviani (19) diduga dibunuh teman dekatnya, Fajar Firdaus Persada (23) di Hotel Sentra Boutique, Cipulir. (Ist)

Jasad Bella Oktaviani (19) ditemukan membujur kaku dengan luka lebam di beberapa bagian tubuhnya, di sebuah hotel di bilangan Cipulir, Jakarta Selatan, Selasa 2 Agustus 2016. Polisi bergerak cepat menyelidiki dan menangkap seorang pria yang diduga membunuh perempuan berambut panjang tersebut.

Penangkapan itu bermula dari sejumlah petunjuk dan keterangan saksi-saksi di hotel. Polisi meyakini Fajar Firdaus Persada (23) adalah playboy yang menghabisi Bella di kamar 301 Hotel Sentra Boutique, pukul 14.00 WIB.

Kejadian nahas itu berawal dari media sosial. Kepada penyidik, Firdaus mengaku mengenal Bella melalui Facebook. Dia bergerilya mencari perempuan-perempuan yang hendak dikencaninya.

Selengkapnya...

 

5. Satu Terduga Penabur Sianida Tidak Ikut Tes Kejiwaan, Siapa?

Jessica Kumala Wongso saat mendengarkan saksi ahli Dokter Psikiatri, Natalia Widiasih di PN Jakarta Pusat, Kamis,(18/8). Saksi ahli telah melakukan 5 tahap pemeriksaan kejiwaan Jessica dengan metode multiaksial diagnosis. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Ada fakta baru terungkap dalam persidangan ke-13 kasus kematian Wayan Mirna Salihin dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, saat itu. Dalam berita acara pemeriksaan (BAP), ternyata ada empat potential suspect atau terduga kuat penabur racun sianida di gelas es kopi Vietnam yang diminum Mirna.

Hal itu terungkap ‎saat hakim ketua Kisworo menanyakan empat terduga kuat sebagai pelaku yang tercantum dalam BAP. Namun nyatanya hanya tiga yang menjalani pemeriksaan kejiwaan, yakni Jessica Wongso, pembuat kopi Rangga Dwi Saputra, dan pengantar kopi Agus Triono.

Lalu siapa satu potential suspect lagi yang tak diuji tes kejiwaan?

Selengkapnya...

 

6. Video Detik-Detik Playboy Facebook Bawa Bella ke Hotel di Cipulir

Polisi menangkap Fajar Firdaus Persada (23) atas dugaan membunuh Bella Oktaviani (19) di Hotel Sentra Boutique, Cipulir. (Ist)

Polisi menangkap Fajar Firdaus Persada (23) karena diduga membunuh Bella Oktaviani (19) di Hotel Sentra Boutique, Cipulir, Kebayoran Lama, Selasa, 2 Agustus 2016. Fajar diketahui merupakan playboy yang kerap memperdayai gadis-gadis melalui Facebook.

Sebelum membunuh Bella, Fajar berkenalan melalui Facebook sejak setahun terakhir. Pelaku yang mengincar korban karena memiliki wajah menarik dan sedang galau itu pun akhirnya mengajak Bella untuk kali pertama check-in di kamar 301 hotel tersebut.

Dalam CCTV hotel yang didapat Liputan6.com, Fajar dan Bella tiba di parkiran hotel pada 1 Agustus malam pukul 23.43 WIB. Fajar yang mengenakan celana pendek tampak membonceng Bella dengan sepeda motor matik.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini