Sukses

Ketika Lantunan Azan Iringi Akhir Misa Natal di Gereja Katedral

Beberapa menit setelah bersalaman antarjemaat, Misa Natal pertama pun berakhir. Azan magrib juga mengiringi langkah kaki para jemaat.

Liputan6.com, Jakarta - Misa Natal kloter pertama di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, selesai dilaksanakan. Misa diikuti sekitar 4.000 jemaat yang berasal dari berbagai daerah di Ibu Kota.

Prosesi yang dimulai sejak pukul 17.00 WIB itu selesai bersamaan dengan kumandang azan maghrib di Masjid Istiqlal.

Sesaat sebelum Misa Natal usai, jemaat sempat saling bersalam-salaman, sebagai bentuk salam perdamaian untuk setiap jemaat dan umat manusia di mana pun berada.

Beberapa menit setelah bersalaman antarjemaat, Misa Natal pertama pun berakhir. Azan magrib pun mengiringi langkah kaki jemaat yang hendak meninggalkan Gereja Katedral.

Kepala Seksi Keamanan Misa Natal Gereja Katedral Yayang mengatakan, fenomena seperti ini memang sudah biasa terjadi setiap tahunnya. Hanya saja, kali ini memang kebetulan bertepatan dengan azan magrib.

"Enggak kok, tidak dikondisikan begitu. Tiap tahun kita memang pukul 17.00 WIB, 19.30 WIB, 22.00 WIB. Tidak berubah," tutur Yayang di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Sabtu (24/12/2016).

"Kebetulan saja bertepatan dengan azan. Lagipula ya bagus kan? Jadi tek toknya pas dan tiap tahun memang begitu," lanjut dia.

Sementara, ratusan jemaat lainnya tengah mengantre menunggu giliran mengikuti Misa Natal kloter kedua. Antrean panjang terjadi, bahkan sampai luar gerbang gereja.

Kendati, tak ada kemacetan yang terjadi. Sebab, satuan gabungan dari kepolisan, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP sigap mengatur lalu lintas.

Misa Natal kloter kedua sendiri dimulai pukul 19.30 WIB. Romo Albertus dan Romo Maryana menjadi pemimpin khotbah prosesi ibadah tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.