Sukses

Jemaat Gereja Katedral Khusyuk Jalankan Ibadah Misa Natal

Puluhan jemaat yang tidak berhasil masuk ke gereja dan pelatarannya, tetap turut mengikuti Misa Natal dengan khusyuk.

Liputan6.com, Jakarta - Misa Natal di Gereja Katedral, Jakarta Pusat dimulai pukul 17.00 WIB. Misa berlangsung khidmat dan khusyuk. Ribuan jemaat dengan tertib mengikuti ritual peribadatan yang menjadi rutinitas tahunan tersebut.

Pantauan Liputan6.com, Sabtu (24/12/2016), halaman Gereja Katedral disulap menjadi lokasi Misa Natal. Dengan sekat kain putih, ratusan kursi disusun rapi lengkap dengan televisi LCD yang tersambung dengan situasi di dalam gereja.

Misa Natal kloter pertama itu dipimpin oleh Romo Stephanus Bratakartana dan Alexius Andang L Binawan. Dengan tema Natal 2016 'Hari ini telah lahir bagimu, juru selamat yaitu Kristus Tuhan di Kota Daud', Romo menyampaikan khotbahnya dengan mengajak umat Katolik untuk kembali kepada keluarga masing-masing, dan mempersiapkan menjadi tempat hadirnya Yesus Kristus.

Bersama Romo, para jemaat khusyuk membaca Nikea Konstantinopel yang tertulis dalam buku panduan Misa bertuliskan Perayaan Ekaristi Natal 2016. Pertama dengan sikap duduk menunduk dan kemudian berdiri.

Lantunan kalimat bernada juga dilantunkan saat pembacaan Doa Umat.

"Sembah dan Puji Dia. Sembah dan Puji Dia. Sembah dan Puji Dia, Tuhanmu," ucap para jemaat.

Sementara itu, puluhan jemaat yang tidak berhasil masuk ke gereja dan pelatarannya, tetap mengikuti Misa Natal kloter pertama di lokasi pemeriksaan tamu. Mereka rela berdiri selama Misa berlangsung.

Di tengah-tengah ritual Misa Natal, jemaat juga sempat saling bersalaman. Hal itu dimaksudkan sebagai bentuk salam perdamaian untuk setiap jemaat dan umat manusia di mana pun berada.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.