Sukses

Jelang Natal, Polisi Sterilkan Gereja Besar di Depok

Candra menjelaskan, sebanyak 30 personel disiagakan untuk menjaga gereja yang jumlah jemaatnya mencapai ribuan seperti Gereja GBI.

Liputan6.com, Depok - Sehari jelang Natal, Polresta Depok dibantu Tim Penjinak Bom (Jibom) Brimob Kelapa II Depok mensterilkan sejumlah gereja besar di Kota Depok, Jawa Barat. Salah satunya Gereja Bethel Indonesia (GBI) di Jalan Kamboja No 35 Kecamatan Pancoran Mas Depok.

Pantauan Liputan6.com, sejumlah polisi bersenjata lengkap memeriksa satu persatu tas milik jemaat GBI menggunakan metal detector. Polisi menyusuri sudut di setiap ruang ibadah serta halaman gereja yang dijadikan tempat ibadah. Bahkan kamar mandi dan tempat sampah pun tak luput dari pemeriksaan petugas.

"Kami di sini memastikan dan memberi jaminan rasa aman. Silakan ibadah, tidak perlu merasa was-was," kata Wakapolresta Depok Ajun Komisaris Besar Candra Sukma Kumara, Depok, Sabtu (24/12/2016).

Candra menjelaskan, sebanyak 30 personel disiagakan untuk menjaga gereja yang jumlah jemaatnya mencapai ribuan seperti Gereja GBI. Nantinya petugas yang berjaga akan memeriksa lebih dulu tas dan barang-barang bawaan milik pengunjung sebelum masuk ke dalam gereja.

"Bersama-sama pengurus gereja, kami memastikan orang yang masuk itu adalah jemaat," ujar Candra.

Dia mengimbau para jemaat menghindari membawa tas dalam ukuran besar. "Cukup tas-tas yang kecil saja," ujar Candra.

Kasat Lantas Polresta Depok Komisaris Sutomo mengatakan, untuk mengantisipasi  kemacetan pada malam Natal nanti, pihaknya akan merekayasa lalu lintas di simpul kemacetan, seperti di Jalan Margonda.

"Perkirakan ada 30 ribu kendaraan yang melewati Margonda. Jadi di sana, pengendara yang melakukan puter balik diharuskan melewati atas flyover UI telebih dahulu," ujar Sutomo.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.