Sukses

KPU Minta Warga Segera Lapor ke Dukcapil Jika Nama Tak Ada di DPT

KPU mewanti proses lapor diri tidak instan bagi yang namanya tidak masuk dalam DPT Pilkada 2017

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah merilis Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Serentak 2017. Namun, masih ada warga yang namanya tidak masuk dalam DPT tersebut.

Komisioner KPU, Hadar Nafiz, meminta warga yang namanya belum masuk DPT untuk segera lapor ke Direktorat Jenderal Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) setempat.

"Mulai dari sekarang sudah bisa (lapor ke Dukcapil), sampai nanti sebelum pemungutan suara jadi jangan tunda," kata Hadar saat meninjau Kelurahan Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat 23 Desember 2016.

"Misal dia merasa adalah warga DKI dan belum pernah terdaftar (sebagai pemilih) di daerah lain, dia berhak datang ke Sudindukcapil DKI di Jakarta Selatan kalau dia warga sini (Setiabudi), atau di wilayah lain sesuai tempat tinggalnya di Jakarta," lanjut dia.

Namun, KPU mewanti, proses lapor diri tidak instan. Oleh karena itu, warga belum terdaftar di DPT dapat mengurusnya jauh hari sebelum masa pencoblosan.

"Kalau hari H tidak bisa (lapor). Proses makan waktu untuk orang yang belum terdaftar sama sekali. Oleh karena itu, lakukan sesegera mungkin, jangan menunggu," Hadar memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.