Sukses

Menhub Budi: Libur Natal, Lalu Lintas Brexit Normal Malam Ini

Arus lalu lintas diprediksi kembali meningkat pada puncak arus pukul 23.30 nanti hingga Sabtu 24 Desember 2016 dini hari.

Liputan6.com, Brebes - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, arus lalu lintas di tol Cikopo Palimanan (Cipali) sampai pertigaan pintu keluar tol Brebes Timur atau Brexit relatif belum mengalami peningkatan arus yang tajam pada mudik Natal 2016.

Ia menuturkan, sampai pukul 20.00 WIB tadi, arus lalu lintas di Cipali dan Brexit masuk dalam kategori normal.

"Lalu lintas relatif normal. Demikian kita tetap waspada," kata Budi di pertigaan Brebes Exit, Jawa Tengah, Jumat malam, (23/12/2016).

Pernyataan di atas diungkapkan Menhub Budi saat meninjau persiapan penyelenggaraan Angkutan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 di pintu keluar Tol Brebes Timur (Brexit) dan mendapat keterangan dari petugas kepolisian.

Budi menyebutkan, ada beberapa faktor atau kemungkinan soal masih lenggangnya arus lalu lintas di dalam tol Cipali dan pertigaan Brexit. Meski begitu, ia memerintahkan jajarannya untuk terus berkoordinasi dengan pihak terkait

"Sepertinya libur kali ini belum dimanfaatkan saudara-saudara kita. Tapi saudara kita bisa jam 8 atau jam 10 nanti baru jalan," ujar Budi.

Kasat Lantas Wilayah Polres Brebes AKP Arfan Zulkhan Sipayung mengatakan, ada penurunan arus lalu lintas kendaraan di pantura dan di tol Brebes Timur (Brexit) pukul 19.30 WIB tadi. Tapi arus lalu lintas diprediksi kembali meningkat pada puncak arus pukul 23.30 nanti hingga Sabtu 24 Desember 2016 dini hari.

"Setelah terjadi peningkatan tadi siang hingga sore, arus lalu lintas saat ini mengalami penurunan," kata AKP Arfan.

Dia melanjutkan, peningkatan arus kendaraan justru terjadi siang hari tadi yang mencapai 10 sampai 15 persen. Tadi siang pun, pihaknya sempat memberlakukan rekayasa lalu lintas dengan cara contra flow.

"Tadi tiga lajur digunakan untuk kendaraan dari arah Jakarta sedang satu lajur untuk kendaraan dari arah Semarang," kata Arfan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.