Sukses

Mengaku Idap AIDS, Maling di Bekasi Lolos dari Amukan Warga

Mengetahui pengakuan pelaku itu, warga yang geram atas ulahnya memilih menjauh dan tak menghakiminya.

Liputan6.com, Bekasi - Satu dari dua maling ditangkap warga lantaran kepergok mencuri. Namun, pelaku yang diketahui bernama Eka (31), warga Jalan Kecapi Hijau, Kelurahan Jatiwarna, Kecamatan Pondok Melati itu, berhasil lolos dari amukan massa, karena mengaku tengah mengidap penyakit HIV/AIDS.

Mengetahui pengakuan pelaku, warga yang geram atas ulahnya memilih menjauh dan tak menghakiminya.

Peristiwa ini bermula saat Eka dan seorang rekannya, menyambangi toko elektronik yang berada di Jalan Hankam, RT 01/RW05, Kelurahan Jatirahayu, Kecamatan Pondok Melati, Kota  Bekasi. Pelaku lalu mencoba mencuri kipas angin yang tengah dipajang pada Jumat (23/12/2016) siang, atau setelah Salat Jumat.

Saat hendak mencoba membawa kabur kipas angin seharga Rp 250.000 itu, aksi pelaku tertangkap tangan sang pemilik toko. Korban akhirnya berteriak maling dan membuat para pelaku lari tunggang-langgang.  

Saat kabur dengan sepeda motor jenis Honda Scoopy bernopol B 9704 KZX, pelaku malah masuk ke dalam sebuah kebon kosong di perumahan Pura Melati Indah 1. Di situlah, Eka yang mengendarai motor terjatuh ke dalam sebuah parit. Sedangkan rekannya, berhasil loncat dan melarikan diri.

Mendapati itu, warga di sekitar lokasi langsung mengamankan pelaku. Massa yang kesal, lalu menghajar Eka. Bogeman mentah pun mendarat di wajah pemuda bertato tersebut. Bahkan Eka, sempat ditelanjangi warga.

"Bakar, bakar saja biar kapok," teriak sejumlah warga di lokasi.

Belum terjadi amukan warga yang lebih jauh, Eka yang telah terlihat berdarah di tangan dan wajahnya lalu berteriak jika ia menderita penyakit yang mematikan. "Ampun bang, ampun. Saya HIV, saya AIDS bang," ucap Eka menahan sakit.

Sontak saja, tanpa ada yang memberi perintah, warga pun kompak menjauh. Mereka merasa takut tertular penyakit yang diderita pelaku.

Meski demikian, petugas keamanan setempat tak diam diri. Eka langsung ditahan di pos satpam setempat.

"Kita juga menemukan tiga botol cair ukuran kecil di dalam bawah jok motor pelaku. Botol cair warnanya kehijauan. Kata pelaku, itu obat penyembuhan AIDS, " terang Namin, satpam setempat.

Sedangkan itu, pihak kepolisian yang menerima informasi tersebut langsung bergerak ke lokasi. Pelaku akhirnya digiring ke Polsek Pondokgede, guna pemeriksaan lebih lanjut.

"Tersangka mengaku jika ia menderita penyakit HIV. Sekarang tengah kita periksa. Kita juga tengah menunggu korban untuk membuat laporan," jelas Kapolsek Pondok Gede, Kompol Budiono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.